PKB Pastikan Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta, Hadiri Pengumuman KIM Plus Besok

JAKARTA - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid memastikan partainya ikut mengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono sebagai calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Dengan merapatnya PKB ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang diisi Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, hingga PSI ini, PKB dipastikan batal mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta.

"Kita pastikan PKB bersama gerindra dan siapa calon yang diusung, kita semua juga mengetahui. Karena itu apapun pernyataan dari partai-partai lain terkiat ke mana sikap PKB, saya pikir sudah jelas dan final PKB bersama Gerindra di Pilkada DKI," kata Hasanuddin di Jakarta, Minggu, 18 Agustus.

Rencananya, KIM Plus bakal mengumumkan koalisi partai yang bergabung mengusung Ridwan Kamil dan Suswono sebagai pasangan cagub-cawagub Jakarta pada Senin, 19 Agustus besok. Hasanuddin pastikan PKB hadir sebagai partai KIM Plus.

"PKB pasti hadir lah, tanggal 19. Pasti PKB bersama mereka, ikut bersama mereka," ungkap Hasanuddin.

Lebih lanjut, Anggota Komisi X DPR RI ini menegaskan tidak mengusulkan cagub-cawagub alternatif di luar pilihan partai-partai yang mengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu. PKB satu suara dengan keputusan koalisi parpol gemuk tersebut.

Dalam hal ini, cawagub pilihan KIM Plus adalah Suswono yang merupakan politikus PKS. Sementara, dalam pemetaan pencalonan Anies sebelumnya, PKB menolak cawagub Anies berasal dari PKS, Sohibul Iman.

"Ya, ngikuti teman-teman partai-partai lain kan yang dirumuskan, wakilnya dan sebagainya. Kita tunggu aja," ujar Hasanuddin.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya mengungkapkan bakal mengumumkan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono yang diusung di Pilkada Jakarta, pada Senin, 19 Agustus mendatang.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco, Rabu, 14 Agustus.