Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat optimis pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang akan diumumkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) ditambah partai politik lainnya atau KIM 'Plus' bisa membawa kesuksesan pada Pilkada Jakarta 2024.

Diketahui KIM Plus akan mengumumkan bakal cagub-cawagub Jakarta pada Senin, 19 Agustus, sore. Deklarasi akan berlangsung pukul 16.00 WIB di Hotel Sultan Jakarta.

Sebelumnya, informasi mengenai deklarasi pasangan Ridwan Kamil-Suswono oleh KIM Plus akan berlangsung pada malam hari pukul 19.00 WIB, namun acara tersebut dimajukan.

"Kami tentu menyambut baik rencana deklarasi ini. Kami optimis pasangan ini akan bisa membawa kesuksesan bagi KIM Plus pada Pilgub Jakarta mendatang," ujar Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, Senin, 19 Agustus.

Kamhar menilai Ridwan Kamil dan Suswono akan memenuhi kualifikasi sebagai cagub dan cawagub Jakarta. Sebab kata dia, Ridwan Kamil dan Suswono sudah berpengalaman di pemerintahan.

"Kang Emil sukses memimpin Kota Bandung sebagai Wali kota dan Provinsi Jawa Barat sebagai Gubernur. Pak Suswono pun demikian, berpengalaman sebagai Pimpinan Komisi IV DPR-RI dan Menteri Pertanian RI di periode kedua Pemerintahan Pak SBY," kata Kamhar.

"Jadi dua-duanya memiliki kualifikasi yang memadai untuk memimpin Jakarta," lanjutnya.

Kamhar pun yakin Ridwan Kamil tidak akan melawan kotak kosong di Pilgub Jakarta 2024. Sebab, kata Kamhar, sudah ada Dharma Pongrekun dan Kun Wardana yang memenuhi syarat dukungan dan bisa mendaftar di Pilgub Jakarta 2024 melalui jalur independen.

"Pada Pilgub Jakarta hampir tidak ada kemungkinan melawan kotak kosong, mengingat ada Paslon yang melalui jalur perseorangan atau independen. Ini tentu saja positif, menyajikan pilihan bagi warga Jakarta untuk memilih dan menentukan pasangan mana yang akan memimpin Jakarta periode mendatang, " pungkasnya.