AHY-Annisa Pohan Menang Baju Adat Terbaik HUT RI di IKN

JAKARTA - Upacara peringatan HUT RI Ke-79 digelar di dua tempat, Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara Detik-Detik Proklamasi dihelat pada pagi hari beserta pengibaran bendera Merah Putih. Lalu, upacara penurunan bendera dilangsungkan pada sore harinya.

Prosesi pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih hanya digelar di IKN dan disaksikan secara langsung di Istana Merdeka Jakarta melalui videotron.

Presiden Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, memimpin upacara di IKN. Jokowi juga ditemani Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kemudian, di Istana Merdeka, upacara dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan sang istri, Selvi Ananda.

Pada upacara upacara penurunan bendera yang digelar di IKN, juga ada lomba baju adat terbaik seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya Annisa Pohan menjadi salah satu dari empat pemenang baju adat terbaik.

AHY-Annisa menjadi juara karena mengenakan pakaian adat senada. Mereka mengenakan baju adat Bugis dari Sulawesi Selatan. Mereka terlihat serasi dengan balutan baju adat bernama Bodo berwarna merah marun.

Selain AHY-Annisa, Enny La Nyalla yang merupakan istri Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mendapat penghargaan serupa.

Enny menjadi salah satu pemenang baju adat terbaik dengan pakaian adat asal Sumatera Utara, Mandailing. Pakaian adat Mandailing yang dikenakan Enny sangat elegan dengan warna merah, emas, dan hitam.

Selain ketiga orang tersebut, ada bebera orang lagi yang memenangi kategori busana adat terbaik ini. Seluruh pemenang mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.