Terduga Teroris yang Berencana Serang Komunitas Yahudi di Argentina Ditangkap

JAKARTA -  Polisi Federal Argentina menangkap terduga kelompok teroris yang merencanakan serangan terhadap komunitas Yahudi di kota Mendoza.

Dilansir Reuters, Sabtu, 17 Agustus, otoritas keamanan Argentina menyebut tujuh orang ditangkap dalam penggerebekan terpisah di rumah para anggota terduga teroris. Dari penggerebakan, tim menyita senjata api, pisau dan perangkat elektronik.

Penggerebekan ini disebut terkait penangkapan di Argentina pada Januari terhadap tiga orang berkewarganegaraan Suriah dan Lebanon yang dicurigai melakukan rencana terorisme.

“Kami akan menyingkirkan setiap penjahat yang berniat menebar ketakutan di Argentina dan mereka akan membayarnya,” tulis Menteri Keamanan Patricia Bullrich di media sosial.

Argentina memiliki populasi Yahudi terbesar di Amerika Latin. Serangan tahun 1994 terhadap pusat komunitas Yahudi menewaskan 85 orang dan menjadi insiden paling mematikan dalam sejarah negara Amerika Selatan.

Serangan terhadap kedutaan Israel pada tahun 1992 menewaskan 22 orang.

Presiden Libertarian Javier Milei, pendukung setia komunitas Yahudi dan Israel, bulan lalu berjanji untuk memperkuat sistem intelijen nasional untuk mencegah serangan di masa depan.