Jokowi Pamer Pertumbuhan Ekonomi RI Terjaga di Kisaran 5 Persen

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan 5 prestasi yang diraih selama 10 tahun menjabat sebagai Kepala Negara dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI yaitu seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga di kisaran 5 persen, meskipun banyak negara tidak tumbuh, bahkan melambat.

"Patut kita syukuri, alhamdulillah, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih lebih cepat, bahkan terus bertumbuh," ujarnya pada Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus.

Jokowi memberikan contoh seperti wilayah Indonesia Timur yaitu Papua dan Maluku justru mampu tumbuh di atas 6 persen dan Maluku Utara mampu tumbuh di atas 20 persen.

Selain itu, Jokowi menyampaikan inflasi juga terkendali di kisaran 2 persen-3 persen saat banyak negara mengalami kenaikan yang luar biasa, bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan, angka kemiskinan ekstrem mampu kita turunkan dari sebelumnya 6,1 persen menjadi 0,8 persen di tahun 2024.

"Angka stunting mampu kita kurangi dari sebelumnya 37,2 persen menjadi 21,5 persen di tahun 2023. Tingkat pengangguran juga mampu kita tekan dari sebelumnya 5,7 persen menjadi 4,8 persen di tahun 2024," jelasnya.