Sidang Tahunan, Ini Rekayasa Lalu Lintas Sekitaran DPR/MPR

JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal menerapkan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan sidang tahunan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD 2024.

Skema yang akan diterapkan yakni pengalihan arus lalu di ruas-ruas jalan sekitaran gedung DPR/MPR.

"Kita berlakukan situasional untuk memastikan arus lalu lintas lancar," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis, 15 Agustus.

Sekitar 600 polantas akan dikerahkan dan disebar di beberapa titik untuk memastikan arus lalu lintas kendaraan berjalan lancar.

Selain itu, mereka juga akan disiagakan di rute-rute jalan yang akan dilalui para tamu undangan.

"Jumlah personel lantas sekitar 500 - 600," kata Latif.

Adapun, pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan yakni;

Arus lalu lintas dari arah traffic light Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar balik di kolong sekat dua atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.

Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau.

Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.

Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan Pintu 1 Senayan atau diputarbalikkan di TL Asia Afrika.

Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat dua atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.

Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

Pada Sidang Tahunan 2024 pun Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertanggungjawaban terakhirnya. Diperkirakan akan ada 3.000 tamu undangan yang hadir pada Sidang Tahunan 2024.

Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sidang Bersama DPR-DPD yang masih dalam satu rangkaian dengan Sidang Tahunan MPR 2024 juga turut dihadiri sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Hadir pula pimpinan lembaga negara, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.