GWM Ora Jadi Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh 400 Km Paling Terjangkau

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) telah memangkas harga mobil listrik model Ora di Australia, menjadikannya kendaraan ramah lingkungan dengan baterai berjangkauan 400 km paling terjangkau di negara tersebut.

Mengutip dari laman Drive, Kamis, 15 Agustus, harga GWM Ora varian Extender Range 2024 turun sebesar 2.000 dolar Australia (sekitar Rp20 jutaan), sehingga kini dijual seharga 36.990 dolar Australia (sekitar Rp382 jutaan). Selain itu, Ora GT juga mendapat potongan harga sebesar 1.000 dolar Australia (sekitar Rp10 jutaan). Sementara itu, varian Ultra yang diperkenalkan pada Juli tahun lalu telah dihentikan penjualannya.

GWM mengaitkan penurunan harga ini dengan penurunan harga bahan baku, meskipun tidak dijelaskan secara rinci mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, harga GWM Ora pertama kali turun pada awal tahun 2022, menyusul peluncuran model mobil listrik dari MG dan BYD Dolphin yang juga tergolong lebih terjangkau.

Namun, berdasarkan data penjualan mobil baru di Australia dari VFACTS, tercatat 675 unit GWM Ora telah terdaftar di negara tersebut antara Januari hingga Juli 2024, jauh di bawah 3.078 unit MG 4 EV dan 1.474 unit BYD Dolphin.

Apakah langkah ini merupakan strategi GWM untuk kembali merebut pangsa pasar, mengingat beberapa model di segmen yang sama mencatatkan penjualan yang positif?