Google Akan Luncurkan ChromeOS 127 dengan Berbagai Fitur Terbaru

JAKARTA – Google akan meluncurkan ChromeOS 127, sistem operasi (OS) terbaru untuk Chromebook, dalam beberapa minggu mendatang. Melalui pembaruan OS ini, Google akan menambahkan beberapa fitur baru.

Salah satu aplikasi yang akan mendapatkan pembaruan adalah Galeri. Dilansir dari 9to5google, Aplikasi ini dapat menghapus atau menyusun ulang halaman PDF menggunakan mouse atau pintasan keyboard.

Google juga akan menambahkan alat pembaca berbasis Pengenalan Karakter Optik (OCR) untuk PDF di Galeri. Alat ini menggunakan model pembelajaran mesin sehingga bisa, "mengekstrak, membagikan, dan mengkompartemen dokumen PDF."

Selain itu, Google akan meluncurkan fitur Read Aloud di Reading Mode. Fitur ini dilengkapi kemampuan text-to-speech sehingga pengguna yang yang mengalami masalah penglihatan atau penyandang tunanetra bisa memanfaatkan fitur ini.

Selain itu, fitur Read Aloud juga dirancang untuk membantu siswa dalam melatih kemampuan membacanya. Google sempat menjelaskan bahwa fitur ini didukung dengan Kecerdasan Buatan (AI) sehingga akurasi dan kecepatan suaranya bisa dikontrol.

Pembaruan lainnya akan ditambahkan ke dalam panel kontrol video panggilan. Google akan menambahkan indikator status untuk Peredam Kebisingan, Teks Langsung, Pencahayaan Ulang, dan Pemburaman untuk memudahkan kontrol pengguna.

Fitur baru lainnya yang tidak kalah penting adalah dukungan untuk mengontrol panggilan melalui headset Bluetooth. Google mengatakan bahwa kontrol panggilan ini bisa digunakan untuk menjawab, mengakhiri, menolak panggilan, atau bahkan menonaktifkan mikrofon.