Kia Umumkan Harga K4 di AS, Mulai Dijual September Mendatang

JAKARTA - Kia telah memperkenalkan sedan K4 terbaru pada Maret lalu dalam acara New York International Auto Show 2024. Model ini menawarkan desain sporty, namun tidak meninggalkan aspek performa impresif.

Kini, merek dari Korea Selatan ini mengungkapkan harganya dan akan ditawarkan dalam lima varian berbeda, yakni LX, LXS, EX, GT-Line, dan GT-Line Turbo.

Mengutip dari laman resmi Kia, Kamis, 14 Agustus, K4 ini dijual mulai dari 21.990 dolar AS (Rp343,2 juta) pada varian dasar hingga termahalnya mencapai 28.090 dolar AS (Rp438,4 juta). Harga tersebut tentu belum termasuk biaya pengiriman 1.155 dolar AS (Rp18 juta).

Usung filosofi desain ‘Opposites United’ khas merek digabungkan dengan pilar ‘Power to Progress’, eksterior sedan kompak K4 melambangkan tekad Kia yang tak henti-hentinya menciptakan solusi mobilitas yang paling inspiratif, inovatif, dan estetis.

Pabrikan menghadirkan sedan ini dengan sepatbor yang lebar memberikan kesan kaku dan tangguh. Kemudian, hadir lampu depan yang memiliki elemen vertikal menyerupai model Kia Niro ataupun Grand Carnival.

Lebih lanjut, bentuk grillnya terlihat lebih menyatu dengan kap mesin yang terlihat panjang. Beralih ke bagian belakang, K4 memiliki lampu belakang nyaris melebar penuh dengan kesan vertikal yang serupa dengan lampu depan.

Sementara itu, bagian samping dilengkapi dengan pelek berukuran 18 inci alloy, trim jendela, tutup kaca spion hitam mengkilap, dan bagian belakang dengan aksen hitam yang sporty.

Kemudian, bagian interior dilengkapi dengan instrumen digital sebagai standar. Tampilan tersebut memiliki ukuran gabungan hampir 30 inci didukung dengan pengoperasian Connected Car Navigation Cockpit (ccNC) dengan kemampuan over-the-air (OTA). Tidak ketinggalan, sistem ini juga kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel sebagai standar.

Fungsi asisten suara juga hadir sebagai standar. Dengan hanya mengucapkan ‘Hai Kia’, maka pengguna dapat melakukan pengaturan kabin terdiri dari ubahan pada suhu dan audio.

Sistem pembantu pengemudi (ADAS) juga ada di kendaraan ini, termasuk Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control with Stop & Go (SCC w/ S&G), Blind-Spot Collision Avoidance Assist (FCA-BCA), serta Blind-Spot View Monitor (BVM) sebagai standar.

Dari sisi performa, Kia K4 ditawarkan dalam dua opsi powertrain. Yang pertama ialah mesin 2,0 liter yang menghasilkan 147 dk dan torsi 179 Nm dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi IVT sebagai standar.

Opsi kedua ialah mesin 1,6 liter yang menghasilkan tenaga 190 dk dan torsi 264 Nm dikawinkan dengan transmisi delapan percepatan otomatis.

Kia mengonfirmasi K4 akan tiba di jaringan ritel di AS pada September mendatang, diikuti oleh varian GT-Line pada November 2024 serta GT-Line Turbo yang diperkirakan hadir pada awal 2025.