Datangi KPK Hari Ini, Hasto PDIP Siap Beri Keterangan di Hadapan Penyidik

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis, 15 Agustus. Dia mengaku memenuhi panggilan penyidik.

“Jadi hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK untuk memberikan keterangan yang sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya,” kata Hasto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Hasto tiba sekitar pukul 10.00 WIB di kantor komisi antirasuah. Dia tampak didampingi pengacara yang juga Ketua DPP bidang Reformasi Sistem Hukum Nasional Ronny Talapessy.

Adapun Hasto tak mau memerinci perihal pemanggilannya. Tapi, dia mengaku siap diperiksa terkait kasus suap DJKA maupun Harun Masiku yang masih buron.

“Ya nanti kita lihat, yang ditanyakan apa saja. (Saya, red) siap memberikan keterangan semuanya dengan baik,” tegas eks Anggota DPR RI itu.

Diberitakan sebelumnya, KPK memanggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kasus suap DJKA Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia diperiksa pada Jumat, 19 Juli.

Hanya saja, Hasto tidak bisa hadir karena sudah terjadwal memimpin rapat di internal partai. Lagipula, dia tak mencapat informasi soal surat panggilan dari supirnya karena sedang berada di luar Jakarta.

Sementara dalam kasus suap Harun Masiku, Hasto saat itu minta penundaan pemeriksaan. Langkah ini dilakukan setelah penyidik menyita handphone dan agenda miliknya dari Kusnadi yang merupakan stafnya.