Indonesia U-17 Genjot Latihan Fisik Saat TC di Bali

JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 ditempa dalam pemusatan latihan (TC) di Bali dengan berbagai macam latihan. Pelatih Nova Arianto terus mematangkan tim ini agar semakin solid.

Nova mengungkapkan saat ini timnya sedang menjalani fase persiapan umum.

"Akhirnya kami sekarang memasuki persiapan umum menuju kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024."

"Jadi, kami memulai TC di Bali dengan fokus menyamakan secara fisik dasar pemain. Soalnya, ada beberapa pemain baru, termasuk pemain lama yang mungkin di klubnya secara intensitas latihannya berbeda," tutur Nova.

Nova Arianto lebih lanjut mendetailkan tentang materi latihan fisik yang diberikan kepada anak asuhnya.

Dalam satu hari, Garuda Muda digembleng empat jenis latihan fisik di berbagai tempat.

"Saya bersyukur secara kondisi, pemain-pemain lama kondisinya masih cukup baik. Namun, masih ada jarak antara pemain lama dan pemain baru."

"Harapannya, pemain baru bisa bekerja lebih keras agar secara VO2 Max atau secara fisik bisa sama nantinya."

"Kami fokus di fisik dasar dahulu. Di Bali, dalam satu hari ada empat kali latihan, yaitu di tempat gym, di pantai, core, dan hotel. Harapannya, secara fisik dasar pemain akan sama," ujar Nova Arianto di laman PSSI.

Materi latihan yang diberikan Nova Arianto dan tim pelatih Indonesia U-17 tersebut tak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya tahan.

Kekuatan bodi pemain juga menjadi perhatian. Soalnya, pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, mereka akan bertemu dengan lawan-lawan yang secara postur lebih besar.

"Kami mencoba (latihan) itu agar pemain bisa main bodi di pertandingan saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2025."

"Pemain bisa lebih kuat lagi. Harapannya pemain punya bodi yang cukup kuat untuk bisa tampil di kualifikasi tersebut," kata Nova.

Indonesia U-17 tergabung di Grup G pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara. Semua partai tersebut akan dihelat di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024.