Ahok Usul Ada Batas Maksimal Kursi Koalisi Pencalonan Pilkada 

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengusulkan adanya aturan pembatasan maksimal jumlah kursi maupun koalisi partai politik dalam pencalonan di pilkada.

Menurut Ahok, pembatasan ini perlu dipertimbangkan oleh pemerintah dan DPR untuk diterapkan dalam pelaksanaan pilkada berikutnya.

"Mungkin ke depan, saya kira pemerintah dan DPR RI mungkin harus memikirkan, bukan cuma memberikan batas minimum pencalonan, tapi mungkin ada batas maksimum," ungkap Ahok di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus.

Ahok menyebut, karena tidak adanya pembatasan maksimal koalisi pengusungan, hal ini menimbulkan fenomena koalisi gemuk yang hanya mendukung salah satu pasangan calon di daerah tertentu.

"Tentu harus ada batasan, Sehingga tidak ada lagi cerita borong-memborong atau ada partai yang takut," ujar Ahok.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, terdapat contoh salah satu kabupaten di mana bupati petahana kembali maju sebagai calon kepala daerah.

Dalam pencalonan pilkada, semua partai politik lebih memilih untuk menghindari persaingan dengan calon tersebut. Dampaknya, hak masyarakat untuk memilih calon kepala daerah menjadi terbatasi.

"Itu kan juga kurang bagus untuk proses organisasi partai," tutur Ahok.

"Saya kira ini bagian dari tugas kita bersama untuk memikirkan, Supaya demokrasi kita itu makin lama, makin baik. kan intinya kan, Rakyat punya pilihan banyak," lanjutnya.