GWM Laporkan Penjualan Mengesankan di Luar China, Total 201.500 Unit hingga Juni

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) meraih pencapaian luar biasa untuk pasar luar China, yang didorong oleh lini produk unggulan GWM sehingga menunjukkan masa depan yang menjanjikan atas strategi GWM untuk pasar global. 

Dari data yang diterima VOI, penjualan GWM di luar Tiongkok dari Januari hingga Juni telah mencapai 201.500 unit, dengan pertumbuhan year-on-year (YoY) sebesar 62,59 persen. Pada bulan Juni, 38.104 unit telah terjual dan mencetak rekor tertinggi dalam volume penjualan di luar Tiongkok dalam satu bulan.  

Seiring dengan penjualan global yang meningkat pesat, GWM juga diproyeksikan akan mencatat laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan atau sekitar 14.3 triliun hingga 16 triliun rupiah di periode paruh pertama tahun 2024. 

Hal tersebut merupakan peningkatan sebesar 377,49 persen hingga 436,26 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Jika dikurangi non-recurring profit, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan atau sekitar 11 hingga 13 triliun rupiah, naik 567,13 persen hingga 700,56 persen. Kenaikan ini terjadi karena GWM terus melakukan terobosan inovasi dan penyempurnaan pada lini produknya. Pertumbuhan produk saat ini didorong oleh kesuksesan model-model unggulan dan inovasi teknologi. 

"GWM adalah pendukung globalisasi. Kami berkomitmen kuat terhadap pengembangan pasar luar negeri dalam jangka panjang. Pasar internasional adalah area yang luas, di mana perubahan di lingkup lokal tidak mampu mengubah arus besar globalisasi, " kata Presiden GWM International Parker Shi, dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu, 14 Agustus. 

Lebih lanjut ia mengatakan, disaat bersamaan, dalam menghadapi peningkatan ketegangan geopolitik di beberapa negara, GWM fokus pada pengelolaan risiko dan mengembangkan pendapatan melalui bisnis bernilai tinggi, sembari mengikuti serangkaian persaingan di berbagai lini agar dapat beradaptasi dengan lebih baik menghadapi dinamika pasar yang terus berubah. 

Untuk menjalankan strategi pengembangan global yang berkelanjutan, GWM secara aktif mendorong pembangunan "lokalisasi kapasitas produksi", yaitu bertransformasi dari pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, sehingga secara bertahap membentuk pola produksi lokal 1+3+N (Chinese factory + three overseas factories + multiple KD factories). 

Selain tiga pabrik utama yang memfasilitasi proses produksi secara penuh di luar China, GWM juga  telah berhasil menjalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di luar China untuk menambah kapasitas produksi. 

Setelah proyek fasilitas pabrik perakitan di Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana mulai beroperasi, beberapa proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga akan mulai beroperasi di tahun ini. Proyek-proyek ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal tetapi juga memperluas jaringan produksi GWM di luar negeri, serta secara lebih baik memenuhi kebutuhan konsumen di pasar global di luar China. 

Sebagai contoh, GWM HAVAL JOLION PRO baru-baru ini diluncurkan secara resmi di Australia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi. Sebagai SUV perkotaan yang dinamis dan berjiwa muda, model ini menampilkan pengalaman teknologi dan kualitas berkendara yang mumpuni. Pada tanggal 29 Juni, HAVAL DARGO diluncurkan di Uzbekistan dan menjadi model keempat dari merek HAVAL GWM di Uzbekistan dan juga SUV offroad ringan pertama. Model ini tidak hanya memenuhi pengalaman mewah berkendara di perkotaan, tetapi juga menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas luar ruangan dan off-road.

Sementara itu, GWM sendiri telah menetapkan target penjualan luar Tiongkok sebesar 500.000 unit di tahun ini. Secara keseluruhan, ekspor GWM telah memasuki periode pengembangan dan pencapaian hasil berkualitas tinggi. Melihat total volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan yang kuat bahwa GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada 2024.