Google Uji Coba Fitur Google to Search dan Ringkasan AI di Files

JAKARTA – Google sedang menguji dua ikon untuk fitur baru di aplikasi Files. Fitur baru ini akan terlihat di dalam Tombol Tindakan Cepat (FAB) Edit saat pengguna mengeklik gambar untuk muncul di layar penuh.

Ikon pertama yang Google uji di aplikasi Files adalah kaca pembesar dan AI Sparkle, sedangkan ikon kedua merupakan logo Google Lens. Namun, saat logo Lens tersebut diketuk, pengguna akan mengakses fitur Google to Search.

Gambar yang dibuka akan langsung dikirimkan ke Google to Search dan pengguna bisa melingkari objek apa pun yang ingin ditelusuri. Misalnya, saat pengguna membuka dan melingkari gambar jam tangan, Google to Search akan menampilkan hasil penelusuran yang serupa.

Dilansir dari 9to5google, fitur ini merupakan pembaruan dari sisi server sehingga pengguna Files tidak perlu memperbarui aplikasinya hanya untuk mengakses Google to Search. Untuk saat ini, pembaruan ini baru ditambahkan ke dalam saluran beta.

Belum diketahui apakah Google akan menambahkan kemampuan ini ke seluruh perangkat Android atau hanya perangkat yang mendapatkan dukungan Google to Search. Untuk mengetahui hal ini, kita perlu menunggu hingga fiturnya dirilis.

Google juga terlihat menambahkan fitur baru di Files versi beta 1.4515.x. Fitur dengan nama Ringkasan yang Dihasilkan AI ini akan ditambahkan untuk meringkas berbagai file yang berisi teks seperti Word, PDF, dan dokumen lainnya.

Fitur ini akan memanfaatkan Gemini Nano sehingga akan terbatas di beberapa perangkat. Dari string yang terlihat di dalam aplikasi, fitur Ringkasan yang Dihasilkan AI bisa diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengguna Files.