BYD Siapkan Yangwang U8 Versi Tiga Baris, Debut Akhir Agustus Ini

JAKARTA - BYD telah meluncurkan Yangwang U8 sebagai full-size SUV yang akan bersaing di pasar kendaraan mewah tahun lalu. Hadir dengan konfigurasi dua baris, kini pabrikan dari China ini berencana untuk meluncurkan versi tiga barisnya.

Dilansir dari CarNewsChina, Selasa, 13 Agustus, Yangwang U8 tiga baris terlihat sedang diangkut oleh truk derek ditutupi stiker kamuflase di China.

Secara sekilas, mobil ini tidak mengalami perubahan yang signifikan. Hal yang berbeda hanyalah dimensi lebih panjang pada bagian overhang belakang dan wheelbase lebih luas dari versi sebelumnya.

Selain itu, bagian depannya masih terlihat sama dengan grill besar, lampu DRL canggih, dan sensor LiDAR yang terletak di atap. SUV ini memiliki kaca spion yang cukup besar, gagang pintu yang dapat dibuka, dan bentuk kotak-kotak dengan garis atap datar.

Kemudian, bagian pelek belakang offroad diperlebar yang mengisyaratkan wheelbase mobil ini diperpanjang. Versi dua baris memiliki wheelbase 3.050 mm, kemungkinan versi tiga baris bisa mencapai sekitar 3.200 mm.

Konfigurasi tata letak kursi Yangwang U8 tiga baris masih belum diketahui. Namun, diperkirakan BYD akan mengadopsi konfigurasi 2+2+2 dengan dua captain seat pada baris kedua.

Sementara itu, bagian interior lainnya tidak berubah dengan memiliki layar utama 12,8 inci, 23,6 inci LCD instrumen kluster, dan 23,6 inci layar penumpang depan, dan sepasang monitor 12,8 inci pada kursi belakang.

Diperkirakan BYD Yangwang U8 versi tiga baris mempertahankan spesifikasi yang sama seperti dua barisnya dengan empat motor listrik menghasilkan tenaga gabungan 880 kW dan torsi puncak mencapai 1.280 Nm yang membuatnya mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik.

Karena mengusung sistem Extended Range Electric Vehicle (EREV), SUV ini memiliki mesin 2,0 liter turbocharged sebagai tenaga tambahan dengan daya mencapai 200 kW.

Dibekali dengan baterai 49 kWh LFP digabungkan dengan kapasitas BBM 75 liter, BYD Yangwang U8 mampu melaju hingga sejauh 1.000 km menurut CLTC.

BYD Yangwang U8 versi tiga baris kemungkinan akan debut dalam gelaran Chengdu Motor Show yang berlangsung mulai 30 Agustus mendatang.