Pemkot Jaksel Bangun 5 Posko Pengungsian untuk Pelayanan Korban Kebakaran Manggarai

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) akan mendirikan 5 titik posko pengungsian di kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Posko dibuat sebagai tempat tinggal sementara untuk para korban kebakaran Manggarai.

Diketahui ada 3 RW di Jalan Remaja 5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan terdampak kebakaran pada Selasa, 13 Agustus, pukul 02.30 WIB.

“Kita sudah berencana dan menyiapkan kurang lebih ada 5 titik pengungsian,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Edi Sumantri saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Agustus.

Edi mengungkapkan dalam pendirian posko pengungsian ini juga melibatkan beberapa unsur mulai dari Dinas Sosial, Baznas DKI Jakarta dan Jakarta Selatan.

“Disetiap pengungsian tersebut didukung posko-posko dari berbagai unsur Dinsos. (Intinya) Semua jajaran di Jaksel dan dibantu Baznas DKI, Baznas Jaksel dan semua NGO yang sudah terdaftar siap bantu,” ujarnya.

“Persiapan kita untuk penanganan 7 hari ke depan kami siapkan untuk logistik makanan minuman sandang air bersih, dan tempat pengungsian semoga makin hari makin berkurang, makin penanganan semakin lebih baik,”sambungnya.

Tak hanya itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Selatan juga diterjunkan. Hal ini bertujuan untuk para warga yang kehilangan surat-surat penting dalam rumahnya pascakebakaran tersebut.

“Barangkali ada warga perlu mencetak kembali apabila ijazahnya terbakar, lalu dari KUA, juga dari unsur kesehatan bila ada warga membutuhkan, semua ada di tiap posko tersebut,” tutupnya.