Jadwal Penyumbang Medali Emas Olimpiade 2024 Tiba di Indonesia

JAKARTA – Peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah, akan tiba di Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2024, malam WIB.

Kedua nama tersebut bertolak dari Paris dalam dua penerbangan berbeda, masing-masing dengan sesama rekan mereka di panjat tebing dan angkat besi.

Dalam keterangan yang diterima, Rizki Juniansyah terbang bersama rekan lifter Nurul Akmal. Mereka diperkirakan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 22:10 WIB.

Berselang lima menit kemudian, giliran Veddriq Leonardo mendarat bersama tiga atlet panjat terbing lainnya, yakni Rahmad Adi Mulyono, Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan Rajiah Sallsabillah.

Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia total membawa pulang tiga medali. Veddriq dan Rizki masing-masing menyumbang satu medali emas.

Lalu, satu medali perunggu didapat pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung.

Veddriq adalah atlet Indonesia pertama yang mendapat emas di Paris pada Kamis, 8 Agusut 2024, setelah dia berhasil menjadi yang terbaik pada panjat tebing speed putra.

Pada babak final, Veddriq tercatat mengalahkan pesaingnya asal China, Wu Peng, dengan selisih waktu 0,02 detik. Veddriq finis dengan 4,75 detik, sedangkan Wu Peng finis dengan 4,77 detik.

Hari yang sama, Rizki menyusul usai menorehkan total angkat 354 kilogram di kelas 73 kilogram putra. Dia menyingkirkan wakil Thailand, Weeraphon Wichuma (346 kilogram) dan atlet Bulgaria Bozhidar Andreev (344 kilogram).

Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia bisa mendapat medali emas dari cabang olahraga (cabor) selain bulu tangkis.

Dua medali emas ini sekaligus mengulangi kesuksesan Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992, Spanyol. Dua medali emas dalam satu Olimpiade masih merupakan catatan terbaik Indonesia di multievent terbesar dunia tersebut.