Meluncur di Malaysia, Ini Beda Spesifikasi dan Harga Volkswagen Golf GTI Edition 50 Model 2024

JAKARTA - Setelah resmi meluncur Februari lalu, Volkswagen Golf GTI Edition 50 resmi meluncur di Malaysia melalui Volkswagen Passenger Car Malaysia (VPCM).

Mengutip dari laman Paultan, Senin, 12 Agustus, ada perbedaan pada bagian eksteriornya dari model global, sedangkan untuk interiornya semua sama. Tak disebutkan berapa jumlah pasti unit yang tersedia, hanya dirumorkan tersedia 50 unit saja.

Seperti disebutkan di atas bahwa mobil satu ini bukanlah model edisi 50 global yang didasarkan pada Golf Mk8.5 facelift biasa . Mobil ini menggunakan GTI Mk8 rakitan lokal CKD sebagai titik awal, namun dengan beberapa bagian dari edisi khusus global yang dimasukkan, sebagian besar di interior.

Pada bagian eksteriornya, Edisi lokal 50 dibedakan melalui pemasangan bodykit hitam kilap dari tuner terkenal Volkswagen, Oettinger. Terdiri dari splitter depan, sisipan diffuser belakang dan spoiler tailgate terpisah, side skirt aslinya kini juga diberi finishing hitam kilap agar serasi.

Hal lain yang dihadirkan sama dengan versi global dimana dilengkapi dengan lencana '50' pada pilar B dan dan roda kemudi serta alas lantai bermerek Edisi 50. Sementara itu, peleknya kali ini tersedia warna hitam dengan ukuran 18 inci.

Masuk ke dalam kabin, mobil satu ini dilengkapi dengan sistem suara Harman Kardon 10 speaker, keyless entry, tombol start, jok sport kulit Wina berpemanas dan berventilasi dengan penyesuaian sisi pengemudi, pengatur suhu tiga zona, instrumen 10,25 inci, serta layar infotainment yang sudah didukung dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Dari sisi keselamatan tak berubah dimana masih disematkan  tujuh kantung udara, kontrol stabilitas, dan rangkaian bantuan pengemudi IQ.Drive yang diperkenalkan tahun lalu . Ini termasuk pengereman darurat otonom, kontrol jelajah adaptif dengan stop and go, bantuan penjaga jalur.

Bicara jantung pacunya,  tetap mempertahankan mesin empat silinder EA888 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 245 PS dan torsi 370 Nm, ditambah transmisi kopling ganda basah DSG tujuh percepatan.

Soal harga, mobil satu ini dibanderol 267.990 ringgit (Rp963 jutaan) sudah termasuk garansi Volkswagen Assurance Package, meliputi garansi lima tahun, dan jarak tempuh tak terbatas serta lima tahun perawatan.