Apple Maps Versi Web Kini Tersedia di Firefox dan Edge for Mac

JAKARTA – Web Apple Maps sudah dirilis pada Juli lalu dalam versi beta, tetapi platform penunjuk arah ini belum tersedia di seluruh browser. Kini, Apple Maps diperluas ke browser baru untuk para pengguna non-Apple.

Saat pertama kali diluncurkan, Apple Maps versi web hanya tersedia di Safari, Google Chrome, dan Microsoft Edge untuk PC berbasis Windows. Sekarang, pengguna Mozilla Firefox dan Edge untuk Mac sudah bisa mengakses Apple Maps.

Sejak awal, Apple memang berkomitmen dalam memperluas versi web Apple Maps. Perusahaan itu berjanji untuk memperluas dukungan untuk bahasa, browser, dan platform. Sejauh ini, Apple baru fokus pada perluasan browser dan platform.

Belum ada informasi tambahan mengenai bahasa apa yang akan dirilis dalam waktu dekat dan browser apa lagi yang dapat mengakses Apple Maps. Apple juga belum mengungkapkan kapan versi stabil Apple Maps akan dirilis.

Pengguna akan melihat antarmuka Apple Maps yang sama di seluruh browser, baik itu Chrome, Firefox, maupun Edge. Meski tampilannya tidak sebaik aplikasi Maps di iPhone, pengguna tetap bisa mencari tempat dan melihat ulasan di tempat tersebut.

Sepertinya, Apple hanya fokus memperluas platform petunjuk arahnya di perangkat komputer. Perusahaan itu tidak berniat meluncurkan Web Apple Maps di Safari untuk iOS karena pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasinya alih-alih membuka webnya.

Tampilan aplikasi pun jauh lebih menarik dan mudah untuk diakses sehingga belum ada alasan untuk meluncurkan Apple Maps versi web di iPhone. Namun, di masa depan, Apple mungkin akan meluncurkan Maps untuk perangkat seluler Android.