Aplikasi Journal Apple Segera Manfaatkan Apple Intelligence

JAKARTA - Apple memperkenalkan aplikasi Journal sebagai bagian dari iOS 17.2 tahun lalu. Meskipun aplikasi ini memberikan fungsi dasar, banyak pengguna merasa bahwa aplikasi tersebut masih kalah dibandingkan dengan alternatif lain yang tersedia di App Store. Namun, sebuah paten terbaru menunjukkan bahwa Apple Intelligence mungkin akan membawa perubahan signifikan untuk aplikasi Journal di masa depan.

Apple telah mengajukan paten baru kepada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) yang mengungkapkan berbagai perbaikan yang sedang dikerjakan untuk aplikasi Journal. Ilustrasi dalam paten tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini akan mendapatkan integrasi mendalam dengan Apple Intelligence untuk menyediakan saran yang lebih cerdas.

Saat ini, aplikasi Journal sudah memberikan beberapa saran dasar untuk mengingat momen berdasarkan foto, musik yang didengarkan, tempat yang dikunjungi, dan orang yang dihubungi. Namun, paten tersebut menunjukkan bahwa Apple berencana untuk membawa saran ini ke level berikutnya dengan menggunakan AI. Misalnya, sistem akan lebih proaktif meminta pengguna untuk mencatat momen di aplikasi Journal setelah menyelesaikan latihan fisik atau mengambil beberapa foto di lokasi yang sama. Selain itu, Apple juga berencana mengintegrasikan aplikasi Journal dengan acara kalender dan pengingat.

Paten ini juga menunjukkan antarmuka timeline baru di mana pengguna dapat melihat peristiwa pada hari yang sama seolah-olah berada dalam obrolan, alih-alih menggunakan kartu dengan sampul dan teks kecil.

Dengan iOS 18, aplikasi Journal memang mendapatkan beberapa peningkatan menarik. Namun, perusahaan belum mengumumkan integrasi dengan Apple Intelligence, mungkin karena fitur AI saat ini hanya tersedia dalam pratinjau terbatas. Meskipun integrasi dengan Apple Intelligence di aplikasi Journal sangat diharapkan, fokus Apple saat ini mungkin lebih baik diarahkan pada perluasan aplikasi ini ke iPad dan Mac terlebih dahulu.