YouTube Uji Coba Tampilan Iklan Terbaru untuk Live Streaming

JAKARTA – Banyak pengguna YouTube yang tidak menyukai tampilan iklan di platform tersebut. Pasalnya, YouTube suka menampilkan iklan di tengah penayangan video atau bahkan saat pengguna memutar live streaming.

Tahun lalu, YouTube meluncurkan format iklan midroll yang bisa disisipkan para kreator ke dalam live streaming mereka. Iklan yang muncul di layar perangkat pengguna akan menghentikan live streaming dan pengguna tidak memiliki opsi untuk menghentikannya.

Selama iklan muncul, live streaming akan terus berjalan sehingga para penonton harus memutar ulang bagian yang terlewati setelah iklan berakhir. Namun, ada beberapa tayangan live streaming yang tidak bisa diputar ulang.

Hal ini bisa sangat menyebalkan jika live streaming yang ditonton merupakan acara penting. Oleh karena itu, YouTube akan meluncurkan format iklan terbaru untuk live streaming yang tidak akan menghentikan pemutaran video.

Saat ini, YouTube sedang menguji iklan dengan format Picture-in-Picture (PiP) untuk metode iklan midroll. YouTube belum menjelaskan detail dari iklan. Berdasarkan sebutannya, iklan ini mungkin akan muncul di sudut layar selama live streaming diputar.

"Sebagian penonton di perangkat tertentu akan mulai melihat format iklan baru dalam beberapa bulan mendatang, yang memungkinkan kreator untuk menjalankan iklan tanpa mengganggu streaming langsung," kata YouTube, dikutip dari How to Geek.

YouTube mengatakan bahwa fitur ini sedang diuji ke kelompok kecil pengguna untuk mengumpulkan berbagai masukan. Seluruh masukan yang diterima akan menentukan apakah fitur tersebut akan dirilis ke publik atau tidak.