Arsenal vs Bayer Leverkusen: Bek Anyar Riccardo Calafiori Absen, Ini Alasan Arteta

JAKARTA - Arsenal meraih kemenangan besar 4-1 atas Bayer Leverkusen di laga uji coba yang digelar di kandang sendiri di Stadion Emirates, Kamis, 8 Agustus 2024 dii hari WIB. Di laga itu, manajer Mikel Arteta sengaja tak memainkan bek anyar Riccardo Calafiori. Ternyata ini alasannya.

Arsenal bangkit setelah menelan kekalahan 2-1 saat uji coba melawan Liverpool di Amerika Serikat. Dalam uji coba berikutnya, Arsenal menjamu Leverkusen.

Juara Bundesliga Jerman dan Piala Jerman ini memiliki rekor tak terkalahkan di musim lalu. Leverkusen akhirnya menelan kekalahan justru di laga penting, yaitu final Liga Europa. Tim asuhan Xabi Alonso dipaksa menyerah 3-0 oleh Atalanta. Ini menjadi kekalahan pertama Leverkusen.

Saat beruji coba melawan Arsenal, mereka akhirnya mengalami kekalahan kedua. Bahkan gawang Leverkusen sudah kebobolan saat pertandingan baru berjalan delapan menit lewat gol bek kiri Oleksandr Zinchenko.

Hanya berselang satu menit, giliran pemain depan Leandro Trossard yang memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Seua gol itu berawal dari assist striker Kai Havertz.

Arsenal menambah satu gol lagi sebelum babak pertama usai. Kali ini Gabriel Jesus yang menaklukkan kiper Matj Kovar di menit 38. Havertz melengkapi kemenangan The Gunners di menit 65.

Selanjutnya, Leverkusen memperkecil kekalahan saat Adam Hlozek mencetak gol di menit 76. Skor berubah menjadi 4-1 untuk Arsenal dan bertahan hingga akhir laga.

Di laga itu, Arteta masih belum menurunkan Calafiori, bek timnas Italia yang direkrut dari Bologna. Menurut Arteta, yang dikutip Mirror, bek berusia 22 ini masih butuh adaptasi dengan tim. Apalagi, Calafiori menjalani metode latihan yang berbeda dengan klub lama.

"Dia masuk ke lingkungan baru dengan metodologi yang berbeda," kata Arteta memberi alasan mengapa Calafiori belum juga dimainkan.

"Dia menjalani metode latihan yang berbeda dan kami berharap dia secara pelan-pelan bisa menyatu dengan kami," ujarnya.

Meski demikian, Arteta berharap pemainnya bisa diturunkan saat Arsenal menghadapi Lyon di turnamen Emirates Cup yang digelar di Stadion Emirates, Minggu, 11 Agustus 2024. Ini menjadi laga pemanasan terakhir Arsenal sebelum melakoni kompetisi Premier League Inggris.

"Saya berharap dia bisa dimainkan meski tidak penuh di pertandingan Minggu," ucap Arteta lagi.

Selain Calafiori, bek Jurrien Timber tidak tampil di uji coba itu karena belum pulih dari cedera kaki.

Namun Arteta memperkirakan bek asal Belanda ini sudah bisa bermain di laga pertama Arsenal di liga melawan Wolverhampton Wanderers.

Pemain timnas Inggris, Bukayo Saka dan Declan Rice, menjadi yang paling terakhir bergabung dengan tim. Meski demikian, keduanya sudah langsung dimainkan sebagai pengganti. Mereka sama-sama turun di babak kedua.