Amazon Music Luncurkan Fitur Topik untuk Pencarian Konten Podcast

JAKARTA – Amazon Music meluncurkan fitur Topik yang didukung oleh Amazon Web Services (AWS). Fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) ini mempermudah pengguna dalam mencari dan menemukan podcast.

Menurut penjelasan Amazon, Topik dapat menelusuri episode podcast berdasarkan topik yang dibahas di dalamnya. Untuk saat ini, fitur Topik baru ditambahkan ke podcast teratas atau podcast yang paling banyak didengarkan di Amazon Music.

Topik hanya fokus pada pokoknya bahasan atau konten episode agar pengguna bisa mendalami topik yang mereka minati. Amazon mengatakan bahwa, "(fitur ini dapat) menelusuri podcast terkait lainnya, yang dipandu oleh minat spesifik Anda."

Amazon Music hanya menampilkan beberapa Topik di halaman episode untuk saat ini. Namun dalam beberapa waktu mendatang, jumlah topik dan kualitas episode yang terkait akan ditingkatkan.

Cara Menggunakan Fitur Topik

Seluruh pengguna aplikasi Amazon Music bisa melihat fitur Topik saat mengunjungi halaman episode podcast yang populer. Jika pengguna ingin melihat episode podcast dengan topik yang sama, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh atau perbarui Amazon Music.
  2. Buka aplikasi, lalu ketuk Podcast di bagian atas layar.
  3. Buka podcast populer seperti The Daily, SmartLess, atau This American Life.
  4. Pilih salah satu episodenya dan gulir layar untuk melihat tag topik di bawah deskripsi.
  5. Klik salah satu tag topiknya hingga episode podcast yang terkait muncul.

Amazon tidak menjelaskan apakah fitur ini terbatas di negara tertentu. Namun, perusahaan itu mengatakan bahwa fitur Topik hanya tersedia di aplikasi seluler untuk perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android.