Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada pertengahan Maret lalu, TikTok meluncurkan fitur baru yang diberi nama Creator Search Insights. Fitur ini memungkinkan kreator untuk mencari ide konten yang sedang relevan dan sedang tren sehingga bisa masuk FYP (For Your Page). Lantas, bagaimana cara menggunakan Creator Search Insights TikTok?

Creator Search Insights adalah fitur yang ditujukan untuk memberikan insight kepada pada kreator konten terkait topik yang banyak dicari oleh pengguna di TikTok.

Informasi ini sangat berguna lantaran dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk merencanakan strategi konten yang sesuai dengan minat dan ketertarikan audiens.

Dengan begitu, kreator konten akan terbantu dan tidak lagi bingung dalam menentukan tema konten yang akan dibuat.

Selain memungkinkan kreator mencari ide konten yang relevan, fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk meningkatkan performa konten. Bila konten yang dibuat relevan dengan apa yang dicari pengguna, konten tersebut punya potensi besar untuk masuk ke halaman FYP TikTok.

FYP sendiri merupakan laman yang berisikan video hasil dari kurasi Algoritma TikTok yang sesuai dengan tingkat ketertarikan dan minat pengguna.

Cara Menggunakan Creator Search Insights di TikTok

Cara menggunakan fitur Creator Search Insights sebenarnya cukup mudah. Pengguna cukup mengetikkan kata kunci “Creator Search Insights” di kolom pencarian. Nantinya, fitur ini akan muncul di bagia paling atas dari hasil pencarian.

Berikut langkah-langkah menggunakan Creator Search Insights di TikTok:

  • Ketikkan kata kunci “Creator Search Insight di kolom pencarian TikTok.
  • Fitur Creator Search Insights akan muncul di bagia atas hasil pencarian.
  • Ketuk tombol “View”.
  • Halaman bakal menampilkan berbagai ide konten yang dapat dieksplor oleh para konten kreator.

Fitur yang Ada di Creator Search Insights

Creator Search Insights di TikTok dibekali dengan tiga fitur yang membantu kreator untuk mencari inspirasi atau ide konten, antara lain:

1. Dashboard Searched Topics

Dalam Dashboard Search Topic terdapat bebera tab, seperti:

  • Tab Sugested: berisi rekomendasi topik yang relevan dengan akun kreator. Di tab ini, terdapat sub menu “Content gap” yang berisi topik yang kerap dicari di TikTok. Namun belum banyak video yang membahasnya. Tak hanya itu, di tab ini juga terdapat fitur “Searches by followers” yang memuat topik apa saja yang kerap dicari oleh followers.
  • Tab Trending: menampilkan topik pencarian yang sedang viral di TikTok. Tab ini dapat difilter berdasarkan kategori tertentu seperti fashion, olahraga, kuliner dan lain sebagainya. Conten creator dapat menyimpan topik tersebut sebagai inspirasi untuk membuat konten di masa mendatang.
  • Creat Video: tab ini memungkikan kreator untuk merekam atau upload video secara langsung di halaman Creator Search Insights. Dengan begitu, kreator tak perlu bolak-balik ke halaman utama TikTok untuk merekam dan upload video.

2. Search Bar

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari topik atau keyword tertentu di kolom pencarian atau search bar. Tujuanya untuk mengetahui presentase popularitas pencarian yang berkaitan dengan keyword tertentu.

3. Grafik Popularitas Pencarian Topik

Grafik ini akan terlihat ketika pengguna mengklik salah satu topik. Grafik menunjukkan besaran pencarian topik tertentu dalam seminggu terakhir.

Demikian informasi tentang cara menggunakan Creator Search Insights di TikTok. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.