Maruti Suzuki Optimis dengan Kebangkitan Segmen Mobil Kecil di India

JAKARTA - Maruti Suzuki berkomitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan pembeli yang sadar anggaran, atau memproduksi mobil terjangkau non SUV di tengah berbagai pabrikan yang fokus menyasar segmen tersebut.

Chairman Maruti Suzuki RC Bhargava mengatakan ketika pabrikan lain lebih banyak memproduksi SUV dan mobil dengan harga tinggi demi memenuhi segmen pasar, tetapi Maruti Suzuki tidak akan pernah melupakan kebutuhan pasar yang menginginkan mobil dengan harga terjangkau.

"Kami tidak akan pernah melupakan kebutuhan sejumlah besar orang yang tidak mampu membeli mobil mahal," katanya, dikutip dari laman Autocar India, Selasa, 6 Agustus.

Pasar mobil terjangkau di India sendiri telah mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19, dengan segmen hatchback terus kehilangan pangsa pasar. Di sisi lain, Sport Utility Vehicle (SUV) telah menjadi tren baru dan mendorong pertumbuhan pasar kendaraan penumpang, bahkan menyumbang sekitar 50 persen dari volume industri.

Konsumen di segmen mobil terjangkau merupakan kelompok yang paling terdampak, dan beberapa perusahaan mobil telah keluar dari segmen 'entry level' tersebut.

Namun demikian, Maruti Suzuki optimis bahwa segmen mobil kecil akan pulih tahun depan seiring perbaikan faktor keterjangkauan. Bhargava percaya bahwa pertumbuhan mobil kecil sangat penting untuk keberlanjutan pertumbuhan pasar kendaraan penumpang di India karena dapat menarik lebih banyak pembeli pertama ke pasar tersebut.

"Upaya berkelanjutan kami untuk memproduksi mobil kecil berbiaya rendah merupakan pengakuan atas kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat dan aspirasi mereka untuk memiliki sarana transportasi yang nyaman dan aman," tambah Bhargava.

Baru-baru ini, Maruti Suzuki meluncurkan versi terbaru dari hatchback populernya, Swift.

"Sebagai pemimpin pasar, kami memikul tanggung jawab untuk menghidupkan kembali segmen hatchback pada saat segmen ini sangat membutuhkan katalis pertumbuhan," kata Managing Director dan CEO H. Takeuchi.