Wawancara Gubernur Minnesota hingga Senator AS, Kamala Harris Dikabarkan Umumkan Cawapres Pilihannya Besok

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris diperkirakan akan mengumumkan pasangannya pada Selasa, 6 Agustus.

Keputusan Harris dapat diumumkan kapan saja menjelang penampilan publik pertamanya bersama calon wakil presiden pada Selasa, 6 Agustus di Philadelphia, sebelum keduanya memulai tur kampanye lintas negara bagian yang mungkin akan menentukan hasil pemilu alias battleground, kata sumber dilansir Reuters, Senin, 5 Agustus.

Harris menyudahi seleksi cawapres dengan mewawancarai tiga kandidat teratas – Gubernur Minnesota Tim Walz, Senator AS Mark Kelly dari Arizona dan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro – di kediamannya di Naval Observatory di Washington pada Minggu, kata sumber tersebut.

Kamala Harris bertemu dengan Menteri Transportasi Pete Buttigieg selama 90 menit pada Jumat dan juga bertemu kandidat secara virtual, kata sumber tersebut.

Gubernur Kentucky Andy Beshear dan Gubernur Illinois J.B. Pritzker adalah kandidat lain yang bersaing untuk jabatan tersebut.

Pencarian Harris untuk calon wakil presiden dimulai dua minggu lalu, tak lama setelah Presiden Joe Biden mengundurkan diri dari pencalonan dan mendukung Harris untuk menggantikannya.

Pemilihan calon wakil presiden adalah salah satu keputusan paling penting dalam karier politik Harris, ketika ia dengan tergesa-gesa melakukan kampanye untuk menantang Donald Trump pada pemilu 5 November.

Daftar terpilih Harris mencakup semua pria kulit putih yang memiliki rekor memenangkan hati pemilih di pedesaan, kulit putih, atau independen.

Harris sedang mempertimbangkan keputusan tersebut bersama suaminya, Doug Emhoff, saudara iparnya Tony West, dan sejumlah kecil pembantu dan penasihat, kata sumber tersebut.

Para kandidat akan diberitahu pada Senin malam atau Selasa pagi apakah mereka terpilih, sambung sumber tersebut.

Tim kampanye Harris juga merencanakan pengumuman media sosial yang menampilkan keduanya, kata pejabat kampanye yang mengetahui rencana tersebut kepada Reuters.