Juara IBL 2024, Pelita Jaya Akhiri Penantian Tujuh Tahun

JAKARTA – Klub basket Pelita Jaya Jakarta mengakhiri penantian panjang selama tujuh tahun setelah memastikan diri keluar sebagai juara Indonesian Basketball League (IBL) 2024.

Terakhir kali Pelita Jaya berhasil menjadi jawara IBL terjadi pada edisi 2017.

Musim ini, Pelita Jaya mengunci gelar dari level tertinggi liga bola basket Indonesia usia mengalahkan rival mereka, Satria Muda Pertamina, dengan skor 2-1 dalam pertandingan tiga gim, Minggu, 4 Agustus 2024.

"Saya sangat bangga dengan apa yang telah dicapai oleh tim ini. Tugas kami untuk terus berkembang dan menjadi tim yang lebih solid lagi menuju musim depan," ujar Johannis Winar, pelatih Pelita Jaya.

Pelita Jaya sebenarnya memulai pertandingan final tahun ini dengan kekalahan di gim pertama 71-84. Mereka lalu bangkit dan memenangi dua pertandingan berikutnya.

Pada gim kedua mereka menekuk tim lawan dengan kedudukan 82-70. Sementara di gim ketiga yang menentukan, mereka mencatat kemenangan dengan skor 73-65.

"Kemenangan ini tidak hanya menjadi momen bersejarah bagi Pelita Jaya, tetapi juga memberikan harapan baru bagi para pendukung bahwa tim ini dapat terus bersaing serta meraih prestasi di masa depan," kata Johannis Winar.

Ini adalah gelar IBL keempat dalam sejarah Pelita Jaya. Selain itu, hasil ini membuat Pelita Jaya lolos ke FIBA Basketball Champions League (BCL) Asia Qualifiers 2025.

Penampilan tahun depan di ajang itu adalah kali kedua mereka membawa nama Indonesia. Sebelumnya, mereka menjalani debut pada 2024 dan berhasil duduk di lima besar Asia.

Gelar IBL 2024 sekaligus memutus kutukan final bagi Pelita Jaya. Pada tiga edisi final sebelumnya, musim 2021, 2022, dan 2023, mereka selalu gigit jari.