Pimpinan Dewan Tak Lengkap Saat Rapat Paripurna APBD, Begini Penjelasan Sekretaris DPRD DKI

JAKARTA - Plt. Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus menjelaskan soal sebagian pimpinan DPRD DKI Jakarta tak hadir saat rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

Kehadiran pimpinan DPRD hanya diwakili Khoirudin sebagai Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS dan Misan Samsuri Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat.

Ternyata, di waktu yang sama, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani asyik melakukan olahraga pilates di gimnasium, dilanjutkan dengan makan kue.

Augustinus menyebut tidak lengkapnya pimpinan DPRD saat rapat paripuna beberapa hari lalu bukan hal yang melanggar. Sebab, rapat paripuna pada Senin, 29 Juli lalu bukanlah rapat pengambilan keputusan.

Rapat kemarin adalah rapat paripurna pandangan umum fraksi, bukan rapat pengambilan keputusan. Dimana rapat tersebut memungkinkan untuk dipimpin oleh satu orang pimpinan saja," kata Augustinus dalam keterangannya, Kamis, 1 Agustus.

Augustinus menjelaskan, setiap pimpinan mendapatkan giliran masing-masing untuk memimpin rapat paripurna pada jadwal yang ditetapkan.

Sehingga, pimpinan DPRD bisa saja memiliki kegiatan lain saat tidak terjadwal memimpin rapat paripurna.

"Pada rapat kemarin, sudah dibagi tugas siapa pimpinan rapatnya. Biasanya yang tidak hadir karena melakukan kegiatan lainnya," ujar Augustinus.