Hasil Olimpiade 2024: Jonatan Christie Tersingkir

JAKARTA – Jonatan Christie tersingkir dari Olimpiade Paris 2024 setelah menelan kekalahan di pertandingan kedua babak penyisihan grup.

Peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut kalah dua gim langsung 18-21 dan 12-21 melawan tunggal India, Lakshya Sen, pada Rabu, 31 Juli 2024, petang WIB.

"Awal saya cukup baik di pertandingan tadi, tetapi setelah itu beberapa poin kurang sabar, lalu dia berhasil menyamakan kedudukan," ujar Jonatan dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Hasil ini membuat Jonatan menyelesaikan perjalanan di Grup L sebagai runner-up dengan satu poin saja. Sementara itu, Sen duduk di posisi teratas dan mendapat tiket ke fase gugur.

Jonatan mengisi grup yang berisi empat tunggal putra. Hasil undian tersebut sebenarnya sempat menuai kontroversi.

Dia sebelumnya memulai pertandingan pertama dengan menang atas Julien Carraggi, tunggal putra Belgia. Namun, lawannya Kevin Cordon (Guatemala) mundur di laga kedua karena cedera.

Jonatan mengatakan bahwa pertandingan melawan Sen sebenarnya berjalan berimbang. Akan tetapi, kesalahan yang dia lakukan di angka krusial menjadi biang kekalahan.

"Saya sudah coba untuk berani lebih menekan, tapi beberapa kali pukulan saya melebar. Rasanya masih campur aduk, saya belum bisa mengungkapkannya," katanya.

Jonatan adalah wakil ketiga Indonesia dari bulu tangkis yang tersingkir dari Olimpiade Paris 2024. Dia menyusul jejak Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.