Fajar/Rian Bertekad Juara Grup di Olimpiade 2024

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki tekad lolos ke perempat final Olimpiade Paris 2024 dengan menyandang status juara grup.

Saat ini Fajar/Rian menduduki posisi teratas Grup C usai menang dua gim langsung 21-13 dan 21-10 atas wakil tuan rumah, Ronan Labar/Lucas Corvee, di Adidas Arena, Senin, 29 Juli 2024, siang WIB.

Fajar/Rian punya satu laga lagi melawan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada Selasa, 30 Juli 2024. Untuk menjadi juara grup, mereka harus memenangi duel itu.

"Alhamdulillah cukup senang bisa ke perempat final tapi kami belum puas. Sekarang kami ingin mengincar posisi juara grup dulu," kata Fajar usai pertandingan seperti diterima dalam keterangan PBSI.

Sebenarnya, kemenangan atas wakil Perancis merupakan kemenangan kedua Fajar/Rian di fase penyisihan grup. Satu kemenangan sebelumnya diperoleh saat melawan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Akan tetapi, kemenangan itu sudah tidak masuk dalam hitungan karena wakil Jerman tersebut memutuskan untuk mundur menyusul cedera yang dialami oleh Lamsfuss.

"Dengan mundurnya pasangan Jerman, memang poin kami kembali nol. Namun, kami coba ambil sisi positifnya. Mereka tidak mundur dari awal, jadi kami punya kesempatan mencoba lapangan terlebih dahulu," ujar Fajar.

Fajar lebih lanjut mengatakan bahwa penampilan mereka di laga kedua grup merupakan yang terbaik sejauh ini.

"Lebih menguasai keadaan arena walaupun lawan tuan rumah dengan suporter ramai tipikal suporter sepak bola. Namun, kami lebih inisiatif menyerang dan lebih percaya diri," ujar dia.

Fajar/Rian adalah wakil pertama Indonesia yang mencapai babak gugur dari lima pebulu tangkis yang tersisa di Olimpiade 2024.

Indonesia masih bisa menambah tiket melalui tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting serta tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Dua wakil Indonesia yang sudah dipastikan tersingkir ialah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.