Olimpiade 2024: Fajar/Rian Lolos ke Perempat Final

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mendapat tiket ke perempat final Olimpiade Paris 2024.

Mereka melanjutkan perjalanan ke babak gugur usai menang mudah dua gim langsung 21-13 dan 21-10 atas wakil tuan rumah, Ronan Labar/Lucas Corvee, di Adidas Arena, Senin, 29 Juli 2024, siang WIB.

Fajar/Rian adalah wakil pertama Indonesia dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis yang melewati fase grup dari empat wakil tersisa di Paris.

Di atas kertas, ini adalah kemenangan kedua Fajar/Rian di babak grup setelah sebelumnya mengalahkan pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, pada pertandingan pertama.

Akan tetapi, kemenangan perdana tersebut sudah tidak dihitung lagi. Soalnya, pasangan Jerman itu telah memutuskan untuk mundur akibat cedera yang dialami oleh Lamsfuss.

Fajar/Rian, juara All England 2024, selanjutnya masih punya sisa satu pertandingan di babak penyisihan Grup C, yakni melawan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Pertandingan itu akan menjadi penentu buat masing-masing pasangan untuk bisa lolos sebagai juara grup. Duel ini menarik karena kedua pasangan sama-sama mantan nomor satu dunia.

Sebelumnya, sudah ada dua wakil Indonesia dari bulu tangkis yang dipastikan tersingkir. Mereka adalah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Rinov/Pitha menjadi juru kunci Grup A usai kalah melawan wakil tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue, di laga terakhir. Sementara itu, Apri/Fadia tidak memiliki peluang lagi sekalipun masih punya satu laga.