Semifinal Piala Presiden 2024: Persija Tantang Borneo, Persis Ditunggu Arema

JAKARTA – Kompetisi Piala Presiden 2024 sudah memasuki semifinal. Tim-tim yang masih bertahan di ajang tersebut akan memainkan babak ini pada awal pekan besok.

JAKARTA - Dua pertandingan semifinal semuanya akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Ini berbeda dengan babak penyisihan grup yang berlangsung di tiga kota berbeda.

Empat tim yang bisa mencapai semifinal adalah Arema FC, Borneo FC, Persija Jakarta, dan tim tuan rumah Persis Solo. Dua klub pertama lolos sebagai juara grup, sedangkan dua sisanya runner-up.

Borneo memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi tujuh poin. Mereka dua kali menang masing-masing atas Persis dan Persib Bandung serta bermain imbang melawan PSM Makassar.

Arema juga mengoleksi poin yang sama untuk memuncaki Grup B. Singo Edan tercatat menang atas Bali United dan Madura United serta bermain imbang dengan Persija di matchday kedua.

Persis dalam perjalanan ke semifinal mengoleksi satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Catatan serupa didapat oleh Persija Jakarta yang mengekor di belakang Arema.

Sebagai pemuncak grup maka Borneo selanjutnya akan bersua dengan Persija Jakarta, runner up Grup B. Duel mereka akan berlangsung pada Selasa, 30 Juli pukul 19.30 WIB.

Sementara itu, satu pertandingan lainnya akan mempertemukan Arema dengan Persis. Pertarungan kedua tim akan berlangsung pada Rabu, 31 Juli, dengan waktu kick off yang sama.

Duel antara keempat tim hanya digelar dalam satu leg saja. Jadi, tim-tim yang menang otomatis langsung mencapai babak final yang nanti akan berlangsung pada Minggu, 4 Agustus.

Pemenang dari masing-masing pertandingan dijadwalkan akan bertemu di final padamInggu, 4 Agustus. Pertandingan final Piala Presiden selalu menghadirkan aksi-aksi menarik dan dramatis. Terutama di laga final. Pada tahun 2015, final digelar di Jakarta dengan Persib Bandung keluar sebagai juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dua tahun kemudian, pada 2017, final berlangsung di Bogor. Arema berhasil mengalahkan Pusamania Borneo dengan skor telak 5-1 di Stadion Pakansari, menjadikan Arema sebagai juara yang dominan pada tahun itu.

Final tahun 2018 kembali digelar di Jakarta. Kali ini, Persija Jakarta tampil sebagai juara setelah menundukkan Bali United dengan skor 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tahun 2019 menyaksikan final yang penuh dengan ketegangan antara Arema dan Persebaya. Pertandingan leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, berakhir imbang 2-2. Namun, pada leg kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Arema berhasil mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0, sehingga memenangkan agregat 4-2.

Setelah jeda beberapa tahun, final tahun 2022 kembali menampilkan Arema sebagai juara. Pada leg pertama di Stadion Kanjuruhan, Malang, Arema menang tipis 1-0 melawan Borneo Samarinda. Pertandingan leg kedua di Stadion Segiri, Samarinda, berakhir imbang 0-0, memastikan Arema memenangkan agregat 1-0 dan kembali meraih gelar juara.

Pertandingan-pertandingan ini memperlihatkan dominasi Arema dalam beberapa tahun terakhir serta persaingan sengit antara tim-tim besar Indonesia di panggung sepak bola nasional.

Berikut jadwal semifinal Piala Presiden 2024

Selasa, 30 Juli 2024, pkl 19.30 WIB

Borneo FC vs Persija Jakarta

Stadio Manahan

Rabu, 31 Juli 2024, pkl 19.30 WIB

Arema FC vs Persis Solo

Stadio Manahan