10 Makanan Sehat yang Menjaga Tubuh Tetap Hangat

YOGYAKARTA – Saat suhu sedang dingin-dinginnya, menyeduh minuman manis dan hangat bisa membuat nyaman. Pada suhu rendah, tubuh membutuhkan banyak kalori supaya tetap hangat. Tetapi bukankah kalori harus dibatasi supaya tetap sehat? Oleh karena itu, untuk menurunkan risiko penyakit karena terlalu banyak konsumsi karbohidrat, berikut makanan sehat yang menjaga tubuh tetap hangat.

1. Sayuran berdaun hijau

Bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin C yang baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang membantu mencegah pembekuan darah dan vitamin A yang baik untuk penglihatan. Tentu saja Anda bisa mengkonsumsi dua sayuran ini dalam hidangan hangat. Sepert sup atau tumis bahkan bisa juga menambahkan dalam smoothies.

Ilustrasi makanan sehat yang menjaga tubuh tetap hangat (Freepik)

2. Sayuran akar

Sayuran akar, seperti bit, wortel, dan lobak akan berlimpah saat musim dingin. Sayuran ini kaya akan beta-karoten, vitamin C dan A. Ketiga kandungan tersebut memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik. Ini akan menjaga tubuh tak mudah terserang pilek atau flu.

3. Buah jeruk

Seperti hanya sayuran di atas, buah jeruk juga merupakan sumber vitamin C. Bisa juga melengkapi mangkuk buah dengan stroberi, mangga, dan kiwi yang sama-sama tinggi mengandung vitamin C.

4. Makanan yang kaya vitamin D

Makanan yang kaya vitamin D penting diperoleh saat suhu sedang dingin. Salmon merupakan salah satu sumber vitamin D. Di samping itu, kuning telur, susu, daging merah, dan jamur shiitake juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Ilustrasi makanan sehat yang menjaga tubuh tetap hangat (Freepik)

5. Buncis

Kacang-kacangan sepertu buncis, tinggi protein dan asam amino esensial. Anda bisa mengolahnya menjadi semangkuk sup. Bisa juga menikmati dengan daging panggang atau steak ayam.

6. Sup rendah sodium

Makan sup hangat saat suhu rendah, akan terasa sempurna. Melansir Stamford Health, Jumat, 26 Juli, tetapi hidangan sup Anda harus rendah sodium. Sodium rendah berarti hanya 25 persen sodium dalam sup yang telah dihilangkan. Bukan berarti tak memakai garam, tetapi hindari memberinya berlebihan bersama penyedap rasa. Hindari pula resep yang membutuhkan krim. Lebih baik gunakan kaldu ayam, daging, atau sayuran.

7. Biji-bijian yang tinggi serat dan protein

Sereal dari biji gandum, mungkin bisa diandalkan. Tetapi Anda bisa menggantinya dengan biji-bijian lainnya yang tinggi serat dan protein. Serat dari biji-bijian, dibutuhkan dalam sistem kekebalan tubuh karena bersifat serat larut yang juga memperkuat kesehatan jantung.

8. Buah beri

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, semuanya kaya serat dan antioksidan serta kaya vitamin C, mangan, dan vitamin K1. Anda bisa menikmatinya dalam berbagai hidangan. Tetapi lebih baik dikonsumsi tanpa diolah dengan menambahkan gula tambahan.

9. Yoghurt

Yoghurt termasuk makanan yang kaya probiotik dan mampu menjaga keseimbangan mikrobioma usus. Tetapi hindari yoghurt yang tinggi lemak dan serta yang ditambahkan gula. Pilihlah yoghurt plain dan less sugar.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang mete, dan pistachio mengandung banyak antioksidan dan mineral. Pastikan Anda membelinya tanpa tambahan garam atau yang dimaniskan. Sehingga tetap aman untuk dijadikan camilan.

Itulah sepuluh makanan sehat yang menghangatkan tubuh. Anda bisa menambahkan makanan di atas untuk konsumsi harian saat suhu udara sedang rendah.