2 Pemimpin Kartel Sinaloa Meksiko yang Terkenal Kejam Termasuk Putra 'El Chapo' Ditangkap di Texas

JAKARTA - Pemimpin kartel Sinaloa Meksiko yang terkenal kejam, bersama dengan putra Joaquin 'El Chapo' Guzman ditangkap oleh FBI pada Kamis kemarin. 

Departemen Kehakiman mengkonfirmasi bahwa Ismael 'El Mayo' Zambada dan Joaquin Guzman Lopez ditangkap di El Paso, Texas. 

Seorang pejabat senior yang mengetahui penangkapan tersebut mengatakan kepada CBS News bahwa Zambada ditahan oleh FBI tanpa insiden di sepanjang perbatasan AS. Zambada dan "El Chapo" ikut mendirikan kartel tersebut.

"Departemen Kehakiman telah menahan dua tersangka pemimpin Kartel Sinaloa, salah satu organisasi perdagangan narkoba paling kejam dan kuat di dunia," kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam sebuah pernyataan dilansir dari CBS News, Jumat, 26 Juli.  

Zambada didakwa di Brooklyn pada bulan Februari atas perdagangan fentanil di antara dakwaan lainnya, dan kedua pria tersebut menghadapi banyak dakwaan di AS karena memimpin operasi kriminal kartel, termasuk jaringan manufaktur dan perdagangan fentanil yang mematikan.

"Garcia dan Guzman diduga mengawasi perdagangan puluhan ribu pon obat-obatan ke Amerika Serikat, bersama dengan kekerasan terkait," kata Direktur FBI Christopher Wray dalam sebuah pernyataan.

Zambada ditangkap setelah menjadi buronan AS selama bertahun-tahun. Departemen Luar Negeri pada tahun 2016 telah menawarkan hadiah $5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya, dan profil gembong DEA mengatakan hadiahnya mencapai $15 juta.

Administrator DEA Anne Milgram mengatakan penangkapan Zambada " menyerang jantung kartel yang bertanggung jawab atas sebagian besar obat-obatan, termasuk fentanil dan metamfetamin, yang membunuh orang Amerika dari pantai ke pantai."

Kartel Sinaloa yang berbasis di Tijuana, yang telah beroperasi sejak 1980-an, adalah salah satu organisasi kriminal paling kuat dan kejam di Meksiko. Zambada mendirikan kartel bersama dengan "El Chapo", yang ditangkap pada tahun 2016 dan saat ini menjalani hukuman seumur hidup di penjara dengan keamanan maksimum di AS setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan termasuk perdagangan narkoba dan pencucian uang. Zambada mengambil alih kartel setelah "El Chapo" ditangkap. Milgram mengatakan Lopez dan beberapa saudara laki-lakinya juga memimpin kartel sejak penangkapan ayah mereka. 

Lopez adalah salah satu dari 12 anak El Chapo, empat di antaranya dijuluki "Los Chapitos" karena mereka dituduh sangat terlibat dalam operasi Sinaloa. Lopez pertama kali didakwa atas tuduhan perdagangan narkoba federal pada tahun 2018 dan telah didakwa berkali-kali sejak saat itu. 

Pada April 2023, tiga Chapito lainnya termasuk di antara 28 tersangka anggota dan rekan Sinaloa yang dituduh mendalangi operasi perdagangan fentanil transnasional ke Jaksa Agung AS Merrick Garland dan pejabat Departemen Kehakiman menyalahkan para terdakwa atas hilangnya ratusan ribu nyawa orang Amerika dari fentanil.