Seres 9 Dipajang di GIIAS 2024, Sokonindo: Belum Dijual tapi Bakal CKD untuk Turunkan Harga

TANGERANG - Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, PT Sokonindo Automobile selaku agen tunggal pemegang merek dari DFSK dan Seres, menampilkan jajaran EV terbaru, salah satunya Seres 9 Concept.

Produsen otomotif dari China ini telah menetapkan model ini akan mewakili langkah berikutnya dalam hal elektrifikasi di pasar Indonesia. Meskipun demikian, model ini belum dijual dalam waktu dekat.

Director Sales Center PT Sokonindo Automobile Cing Hok Rifin, mengatakan bahwa alasan belum dijualnya model tersebut di tanah air karena di pasar China SUV ini memiliki masa inden cukup lama.

“Kami masih belum menjual Seres 9 karena di China model ini telah dipesan 110.000 unit dan di sana inden 6 bulan walaupun kita memiliki tujuh pabrik di China,” kata Cing Hok Rifin kepada media di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 25 Juli.

Meskipun belum bisa memastikan tanggal peluncurannya di Indonesia, Cing Hok Rifin mengatakan bahwa pihaknya usahakan produk ini akan diproduksi secara lokal (CKD) agar modelnya mampu bersaing pada harga yang kompetitif.

“Tanggalnya nanti akan kita beritahu dan akan diproduksi CKD, karena kalau tidak harganya akan melambung,” tambah Cing Hok Rifin.

Ia juga mengatakan Seres 9 bakal masuk ke pasar premium dan tengah berupaya dapat menekan harganya agar tidak terlalu tinggi untuk konsumen.

“Seres 9 sendiri harganya kalau dikonversikan jadi Rp1 miliar lebih di China karena berada di kelas premium,” jelasnya.

Kehadiran Seres 9 Concept di GIIAS disebut bertujuan untuk survei pasar terhadap kendaraan ini. Dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan lebih dari 300 fitur cerdas, Seres 9 Concept menawarkan konsep SUV listrik full-size yang canggih, aman, dan nyaman.

Fitur unggulannya meliputi Intelligent Projection Headlight, Width Indicator, One Touch Open and Close Silent Electric Suction Door dengan Millimeter Wave Radar, Air Suspension Height Adjustment Range, Zero Gravity Seat, dan Privacy Shield.

Eksterior Seres 9 Concept didesain modern dan premium, dengan panjang 5.230 mm, lebar 1.999 mm, tinggi 1.800 mm, dan jarak sumbu roda 3.110 mm, menjadikannya salah satu mobil terpanjang di kelasnya. Mobil ini dilengkapi dengan ban ukuran 265/40 R22 (depan) dan 285/40 R22 (belakang) serta Panoramic Roof.

SUV premium ini memiliki jarak tempuh hingga 630 km (berdasarkan WLTC), dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,3 detik.

Berkategori EREV (Extended Range Electric Vehicle), Seres 9 memiliki mesin pembakaran internal yang berfungsi sebagai generator, sehingga jarak tempuh kombinasi mencapai 1.239 km (berdasarkan metode pengukuran WLTP).