Jakarta Lolos dari Middle Income Trap, Airlangga Sebut Sudah Setara dengan Singapura

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan sejumlah wilayah di Indonesia sudah lolos dari jebakan kelas menengah alias middle income trap yakni seperti Jakarta sudah setara dengan Singapura.

Airlangga mengeklaim, kedudukan Jakarta sudah setara dengan Singapura lantaran pendapatan per kapita Jakarta mencapai 21.000 dolar AS atau setara Rp341 juta per kapita (kurs Rp 16.265).

"Jakarta ini sudah lolos middle income trap, Jakarta pendapatan per kapitanya 21.000 dolar AS. Kalau kita mau masuk lagi ke puncak Jakarta, yaitu Jakarta Pusat itu sudah 50.000 dolar AS jadi aglomerasi Jakarta itu sudah setara dengan negara-negara lain termasuk Singapura," kata Airlangga dalam Perayaan Hari Jadi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis, 25 Juli.

Airlangga melanjutkan, Kalimantan Timur juga sudah lolos dari jebakan middle income trap.

Selanjutnya, Kalimantan Utara pendapatan per kapita mencapai 17.000 dolar AS atau setara dengan Rp 276 juta.

"Kalimantan Timur itu juga sudah lolos middle income trap, dan itu adalah tempat Ibu Kota Nusantara (IKN) kita juga sudah lolos dari middle income trap dan Kalimantan utara pendapatannya sekitar 17.000 dolar AS," ujarnya.

Dia menyampaikan, pemerintah telah memiliki strategi untuk membuat seluruh wilayah Indonesia agar terlepas dari middle income trap dengan memetakan dengan melihat faktor pendorong ekonomi, tingkat kesejahteraan sosial, tingkat pendidikan, hingga tingkat kemiskinan.

"Kita sudah punya semua data, sehingga kita bisa melihat apa yang harus kita lakukan agar setiap daerah bisa seperti Jakarta atau seperti Kalimantan Timur. Atau bahkan di Sumatera Selatan Ogan Komering Ilir sudah lolos middle income trap. Jadi ini satu hal yang harus kita kejar," pungkasnya.