Tertarik dengan Sedan Listrik di GIIAS 2024? Ini Deretan yang Menarik Perhatian

TANGERANG - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menjadi ajang pembuktian diri pabrikan otomotif memamerkan kendaraan teranyarnya. Tidak terkecuali sejumlah sedan listrik yang menarik perhatian pengunjung.

Nah, meski segmen sedan mulai tergerus oleh kemunculan SUV atau crossover, sedan masih memiliki peminat besar di pasar Indonesia sehingga sejumlah pabrikan berinisiatif menawarkan sedan listrik di Indonesia. 

Nah, kira-kira apa saja sedan EV yang berpotensi menarik perhatian pengunjung GIIAS 2024? Berikut daftar beberapa dan ulasannya berdasarkan pantauan VOI di lapangan:

GAC Aion ES

GAC Aion merupakan salah satu pemain baru dalam industri otomotif Indonesia. Pabrikan dari China ini melakukan gebrakan dengan meluncurkan beberapa model, salah satunya Aion ES yang akan mengisi segmen sedan EV.

Dibangun di atas platform AEP 3.0, mobil tersebut diklaim memiliki ruang kabin luas namun miliki ukuran yang kompak sehingga cocok untuk konsumen Indonesia.

Tidak mau kalah dengan pelaku kendaraan listrik lainnya, GAC Aion memberi model ini dengan baterai LFP berkapasitas 55,2 kWh sehingga menghasilkan jangkauan hingga 442 km dalam sekali pengisian daya.

Berbicara performanya, model ES dibekali dengan motor listrik bertenaga 135 dk dan torsi 225 Nm sehingga patut diperhitungkan sebagai sedan bertenaga listrik yang dijual di Indonesia.

Dalam GIIAS 2024, pabrikan yang bermarkas di Guangzhou, China ini membanderol harga model ES cukup kompetitif senilai Rp386 juta On The Road DKI Jakarta.

BYD Seal

Dengan gaya sedan lima pintu, BYD Seal juga mencuri perhatian. Bagian eksteriornya dilengkapi dengan lampu depan yang menampilkan cluster lampu ganda unik menciptakan kesan keseimbangan. Lampu belakangnya disusun dalam matriks titik yang menjalar ke seluruh bagian belakang.

Mobil asal China ini memiliki performa impresif dengan motor listrik yang memungkinkan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,8 detik. BYD Seal juga memiliki baterai dengan jangkauan hingga 650 km dalam kondisi baterai penuh.

Harga model ini berkisar antara Rp629 juta untuk tipe Premium Variant dan Rp719 juta untuk tipe Performance Variant, berdasarkan rekomendasi On The Road DKI Jakarta.

BMW i5 M60

BMW i5 M60 merupakan sedan listrik yang tidak hanya miliki tampilan lebih sporty dibandingkan varian lainnya, melainkan juga usung performa lebih baik sehingga tawarkan keasyikan berkendara khas Jerman.

Mobil ini diberi perlengkapan sporty sekaligus agresif dengan pelek 21 inci BMW Individual Aerodynamic Wheels 954 yang menutupi rem M Sport berwarna Red High Gloss.

Sama seperti varian lainnya, i5 M60 juga memiliki grill ‘Iconic Glow’, namun juga memiliki M Specific Diffuser pada bagian belakang yang tersedia dalam beberapa pilihan warna, termasuk Frozen.

Mobil ini disenjatai oleh motor listrik berkolaborasi dengan penggerak xDrive yang dapat menghasilkan tenaga 601 dk dan torsi mencapai 820 Nm. Dengan bantuan fitur M Sport Boost dan M Launch Control, i50 M60 mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik.

i5 M60 miliki baterai berkapasitas 81,2 kWh,  dan dapat melaju dengan jarak tempuh hingga 516 km menurut WLTP bahkan dapat ditingkatkan jangkauannya hingga 25 persen berkat fitur MAX RANGE.

Model ini menjadi varian termahal dibandingkan i5 lainnya dengan banderol hingga Rp2,777 miliar Off The Road DKI Jakarta.

Porsche Taycan Facelift

Porsche Indonesia hadir di GIIAS 2024 dengan membawa lini model terbarunya, termasuk Taycan facelift yang telah diluncurkan beberapa bulan lalu secara global.

Taycan telah diperkenalkan pada tahun 2019 dan kini mendapatkan penyegaran untuk pertama kalinya. Pabrikan melakukan beberapa perombakan pada bagian bumper depan, lampu utama, hingga ventilasi untuk aliran angin.

Mobil ini juga memiliki performa lebih tinggi dibandingkan sebelumnya dengan varian base hingga 408 ps, lalu Performance Battery Plus sampai 435 ps dan Taycan 4S dapat mengeluarkan tenaga 544 ps hingga 598 ps.

Varian Turbo S juga mengalami peningkatan tenaga hingga 932 ps yang sanggup berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 2,4 detik saja.

Dalam sisi jarak tempuh, model tersebut usung baterai 93 kWh hingga 105 kWh yang diklaim mengalami peningkatan dalam sisi jarak tempuh. Versi standar dapat tawarkan jangkauan 503 km hingga 678 km. Sedangkan, varian Turbo S naik 558-630 km dalam sekali pengisian daya.

Berdasarkan laman configurator merek, Taycan dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,499 miliar hingga Rp5,7 miliar Off The Road DKI Jakarta.