Bagikan:

TANGERANG - Subaru Forester generasi terbaru telah diluncurkan secara global pada akhir tahun lalu dan resmi dijual untuk pasar Amerika Serikat (AS) pada awal tahun ini. 

Mobil ini mengalami perombakan signifikan dibandingkan pendahulunya dengan perubahan mulai dari luar hingga dalam, tentu akan menjadi pertanyaan apakah mobil tersebut akan masuk ke pasar lain, termasuk Indonesia.

Menjawab hal ini, General Manager Marketing & PR Subaru Indonesia Ismail Ashlan mengatakan Forester terbaru ini belum akan tiba di tanah air dalam waktu dekat setidaknya tidak untuk tahun ini.

“Statement dari kami, belum akan tiba di tahun ini,” kata Ashlan di pameran GIIAS 2024, di ICE BSD, Tangerang.

Ia mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih akan menjual Forester generasi kelima, terlebih lagi Subaru Indonesia telah meluncurkan Adventure Edition dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi tahun ini.

“Kami masih menjual yang ada di Indonesia,” tambah Ashlan.

Forester generasi terbaru memiliki beberapa perubahan, mulai dari desain eksterior yang lebih ramping, sementara tetap mempertahankan kekokohan karakteristik pendahulunya.

Bagian depan kendaraan memiliki grill tebal yang menyatu dengan lampu depan LED kompak, menciptakan efek perisai terintegrasi. Fasia baru juga menampilkan lambang gugus bintang Subaru yang telah diperbarui.

Subaru juga meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan performa dan stabilitasnya sebagai SUV yang andal. Saluran keluar udara di tepi belakang bukaan roda depan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

Pabrikan juga menghadirkan fitur keselamatan Subaru Starlink Safety and Security, mencakup SOS Emergency Assistance, Enhanced Roadside Assistance, Automatic Collision Notification, Maintenance Notifications, Monthly Vehicle Health Report and Diagnostic Alerts, Stolen Vehicle Recovery Service, dan Vehicle Security Alarm Notification.

Dari segi performa, SUV ini ditenagai oleh mesin 2,5 liter Boxer yang menghasilkan tenaga sebesar 180 dk dan torsi 241 Nm, berkolaborasi dengan transmisi CVT Lineartronic yang memberikan perpindahan gigi yang lembut.

Merek otomotif dari Jepang ini menghadirkan lima trim berbeda pada model ini di negeri paman sam, yakni Base, Premium, Sport, Limited, dan Touring mulai dari 31.090 dolar AS hingga 41.390 dolar AS (Rp504,1 jutaan sampai Rp671,2 jutaan).