Startup4Industry Investment Summit jadi Akses Pendanaan Inklusif ke Startup

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) telah menyelenggarakan forum Startup4Industry Investment Summit 2024.

Acara ini merupakan forum yang dapat membawa dampak positif berganda yang jauh lebih besar bagi perkembangan tech startup Indonesia.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita mengatakan, forum ini untuk mempertemukan startup-startup terpilih dari program Startup4Industry dengan para investor potensial, baik dari dalam maupun luar negeri.

Hal ini bertujuan untuk membuka peluang pendanaan yang inklusif bagi startup, mempercepat pertumbuhan mereka dan mendorong inovasi di sektor industri.

"Startup4industry Investment Summit 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi startup untuk mempresentasikan solusi teknologi mereka kepada investor, mendapatkan umpan balik yang berharga dan menjalin kemitraan strategis," ujar Reni dalam keterangan tertulisnya, ditulis Selasa, 23 Juli.

Adapun peluncuran Startup4Industry Investment Summit 2024 menandai ditutupnya gelaran forum pertemuan tech startup dengan manufaktur di Indonesia melalui Acara Tech Link Summit 2024.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi industri, technology startup dan pemangku kepentingan lainnya ini resmi ditutup pada Sabtu, 20 Juli 2024, yang sekaligus menandai babak baru dalam akselerasi transformasi teknologi industri di Indonesia.

Reni juga menekankan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap Tech Link Summit 2024 sebagai kunci untuk mengukur dampak nyata acara ini dan merumuskan strategi yang lebih efektif untuk Tech Link Summit 2025.

“Hal ini juga merupakan komitmen Kemenperin untuk terus mendorong kolaborasi antara startup dan pelaku industri," katanya.

Menurut dia, Tech Link Summit 2024 tidak hanya menjadi ajang pertemuan antara startup dan pelaku industri, tetapi juga wadah kolaborasi lintas sektor.

Dia menyebut, keterlibatan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong transformasi teknologi di seluruh lapisan masyarakat dan sektor ekonomi.

"Kegiatan ini telah berhasil mempertemukan puluhan startup dan pelaku industri, membuka peluang kolaborasi yang saling menguntungkan dan memperkuat ekosistem startup di Indonesia yang inklusif," imbuhnya.