Jadwal Pembukaan Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 akan segera berlangsung. Acara pembukaan pun untuk pertama kalinya akan berlangsung di luar stadion.

Jadwal pembukaan dihelat pada Jumat, 26 Juli 2024. Rencananya dimulai dari pukul 17.45 waktu setempat atau Sabtu, 27 Juli 2024, dini hari pukul 00.45 WIB.

Pembukaan ini akan mengubah Ibu Kota Perancis menjadi seperti stadion dan pertunjukan teater. Soalnya, parade atlet menggunakan perahu berlangsung di sepanjang Sungai Seine dan melewati beberapa landmark yang paling ikonik di Kota Paris.

Ini pertama kalinya dalam sejarah upacara pembukaan Olimpiade musim panas diadakan di luar stadion. Para tamu dan penonton akan disuguhi parade sungai dengan visualisasi warna-warni di jantung Ibu Kota Perancis.

Sungai Seine sebagai arteri air utama di Kota Paris akan menggantikan lintasan atletik yang biasanya menjadi jalur parade pada upacara pembukaan di dalam stadion. Sementara kade di sisi kiri dan kanan sungai akan menjadi tribun penonton.

Konsep upacara di luar ruangan ini membuat Olimpiade Paris 2024 sebagai upacara pembukaan terbesar dalam hal jumlah penonton dan cakupan geografis.

Jembatan Austerlitz di sebelah Jardin des Plantes akan menjadi titik awal parade. Atlet lalu menyusuri sungai ke arah barat sejauh enam kilometer.

Parade ini akan melewati jembatan bersejarah dan landmark ikonik, seperti Notre-Dame dan Louvre serta beberapa venue pertandingan, di antaranya Esplanade des Invalides dan Grand Palais.

Semua atlet dalam parade akan mencapai titik akhir di Trocadero, lapangan di seberang Menara Eiffel. Di sinilah obor Olimpiade akan dinyalakan dan upacara pembukaan pun secara resmi dibuka.

Walaupun acara pembukaan belum dilakukan, beberapa cabang olahraga sudah mulai berlomba pada Rabu, 24 Juli 2024. Dua di antaranya ialah sepak bola dan rugby seven.

Kontingen Indonesia punya sebanyak 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan ambil bagian di Olimpiade Paris 2024. Mereka ke sana dengan target membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan.