Bagikan:

JAKARTA - Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 tinggal hitungan jam. Sungai Seine yang berada dekat dari Menara Eiffel akan menjadi venue utama pembukaan pada Jumat, 26 Juli 2024, malam waktu setempat.

Sejumlah penonton sudah tak sabar menantikan pembukaan Olimpiade yang pertama kali digelar di luar stadion.

Salah satunya ialah keluarga Badel dari Denmark. Mereka bahkan sudah membeli memorabilia dari megastore Olimpiade Paris 2024 di Champs-Elysees.

Matthias, Elisabeth, dan putrinya, Katrine serta Astrid sangat senang hati mendapat tiket ke upacara pembukaan Olimpiade Paris.

Mereka akan disuguhkan tongkang atlet yang akan mengapung menyusuri sungai, dimulai dari Jembatan Austerlitz sebelum melewati bawah jembatan bersejarah dan melewati landmark ikonik, seperti Notre-Dame dan Louvre, serta lokasi Olimpiade termasuk Esplanade des Invalides dan Grand Palais.

Para delegasi kemudian turun di Trocadero dan berkumpul untuk pembukaan resmi Olimpiade Paris 2024.

"Ini akan menjadi gila," kata Matthias dilansir laman resmi Olimpiade.

Matthias juga mengenang momen favoritnya pada upacara pembukaan Olimpiade saat pertama kali melihat bendera negaranya.

Bersama sang istri, Elisabeth, mereka menikmati momen Api Olimpiade dinyalakan. Matthias langsung memeragakan kembali, meniru momen kenangan Olimpiade Barcelona 1992 di mana pepanah Paralimpiade, Antonio Rebollo, menembakkan panah api ke kuali Olimpiade untuk menyalakan api.

Momen ikonik lainnya ialah saat atlet Aborigin, Cathy Freeman, menyalakan api di Olimpiade Sydney 2000.

Ada pula pesenam Li Ning diangkat ke angkasa sebelum berlari mengelilingi tepi Stadion Sarang Burung (Beijing National Stadium) di Olimpiade Beijing 2008 sebelum memberikan percikan api.

Pembukaan Olimpiade Beijing 2008 menjadi favorit Daisy Zhang yang datang ke Paris dari China. Siswa tersebut mengenang bahwa para penabuh genderang menjadi bagian yang selalu diingatnya.

Muhammad Ali, peraih medali emas tinju Olimpiade Roma 1960, menyalakan Api Olimpiade. Tangannya tampak gemetar akibat penyakit parkinson dalam momen emosional di Olimpiade Atlanta 1996.

Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas berikutnya pada 2028 disusul Brisbane pada 2032.

Tradisi membawa Api Olimpiade dari Olympia, Yunani, tempat kelahiran Olimpiade Kuno ke kota tuan rumah edisi modern melalui estafet obor pertama kali diperkenalkan pada tahun 1936. Aksi itu telah terbukti menjadi momen simbolis.

Ada pula yang memfavoritkan upacara pembukaan Olimpiade London 2012. Hal itu diutarakan Christina Huang dari Kanada.

"Ya ampun, Olimpiade London dan adegan bersama Ratu," ujarnya sambil tertawa.

Huang mengenang momen ketika mendiang Ratu Elizabeth II melompat keluar dari helikopter ke Stadion Olimpiade London bersama James Bond, meski memakai pemeran pengganti.

Namun, momen itu begitu rahasia sehingga Ratu bahkan tidak memberi tahu cucu-cucunya.

Olimpiade London 2012 juga menjadi saksi momen unik ketika tujuh atlet muda menjanjikan terpilih untuk menyalakan Api Olimpiade di Paris 2024.

Dua dari atlet tersebut ialah Desiree Henry, peraih medali perunggu nomor 4 x 100 meter di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan Adelle Tracey, yang kini mewakili Jamaika.

Mereka akan menaiki tongkang negara mereka di Sungai Seine sebelum keduanya berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.