Piala Presiden 2024: Menang Tipis atas Persib, Borneo Pastikan ke Semifinal

JAKARTA - Persib Bandung bertemu Borneo FC pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Senin, 22 Juli 2024.

Tampil di depan pendukung sendiri ternyata tak menjadi keuntungan buat Maung Bandung. Mereka malah takluk dari Pesut Etam dengan skor tipis 0-1.

Gol semata wayang Borneo dicetak oleh Berguinho pada menit ke-90+2.

Persib sebetulnya bisa menekan Borneo pada babak pertama. Peluang sudah tercipta melalui tendangan bebas Marc Klok pada menit kedua.

Namun, Nadeo Argawinata masih sigap menepis bola. Bola liar ke sisi kiri kemudian masih diamankan pemain Persib yang langsung melepas umpan silang lambung.

David da Silva yang tanpa pengawalan ketat berhasil menanduk bola, tapi masih melambung.

Enam menit kemudian giliran Dimas Drajad mendapat luang memas. Dia memanfaatkan kemelut di muka gawang Borneo.

Lagi-lagi, Nadeo melakukan penyelematan gemilang dengan memblok tembakan jarak dekat Dimas.

Borneo kemudian berhasil kelar dari kanan. Mereka sanggup mendominasi penguasaan bola, tapi selalu gagal membongkar pertahanan Persib.

Tembakan ke gawang pertama baru bisa dihasilkan pada menit ke-37 melalui Berguinho. Dia melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi bisa ditangkap Kevin Mendoza.

Pesut Etam berbalik menebar ancaman buat Maung Bandung di sisa waktu. Mereka hampir membuka angka pada injury time paruh pertama melalui sundulan keras Christophe Nduwrugira.

Hanya saja, sundulannya memanfaatkan tendangan bebas Stefano Lilipaly masih melambung. Paruh pertama pun berakhir 0-0.

Berlanjut ke babak kedua, Borneo kembali unggul dalam penguasaan bola. Total, mereka mengemas 66 persen bola yang menghasilkan 10 tembakan.

Sementara Maung Bandung sebetulnya lebih banyak kesempatan. Meski sama-sama melepas 10 tembakan, mereka mampu mencetak empat sepakan tepat sasaran.

Namun, pertahanan solid Persib menjadi masalah buat Borneo. Serangan mereka kerap terputus sebelum memasuki sepertiga wilayah akhir lawan.

Penyelesaian akhir juga menjadi masalah. Beruntung, gol yang ditunggu mereka akhirnya tiba.

Baru pada injury time babak kedua, Borneo memecah kebuntuan. Akselerasi H. A. Jusuf ke kotak penalti diakhiri dengan operan cut-back.

Berguinho sudah menunggu dimulut gawang yang langsung menyontek bola mendahului bek Persib. Gol itu menjadi gol kemenangan Pesut Etam.

Tambahan tiga poin membuat Borneo FC memastikan diri ke semifinal Piala Presiden 2024. Mereka ada di puncak klasemen Grup A dengan enam poin dari dua laga.

Sebelumnya, tiga poin pertama diraih Borneo kala menaklukkan Persis Solo 2-0.