Penyebab iPhone Overheat dan Cara Mengatasinya

JAKARTA – Overheat atau panas berlebihan merupakan masalah yang sering ditemukan di berbagai jenis ponsel, termasuk iPhone. Pasalnya, ponsel ini tidak memiliki teknologi untuk menjaga suhu tetap stabil.

Meski mudah panas, overheat merupakan kondisi yang harus ditangani. Jika perangkat dibiarkan mengalami overheat terus-menerus, komponen internal iPhone bisa mengalami kerusakan sehingga Anda harus mencari tahu apa penyebabnya.

Dilansir dari How to Geek, iPhone tidak memiliki sistem penyerap panas sehingga iPhone bisa panas dari waktu ke waktu. Namun, seharusnya panas ini berada di tahap normal dan membuat Anda tetap merasa nyaman selama menggunakannya.

Ketika iPhone mengalami overheat, maka ada kesalahan yang terjadi. Panas yang muncul secara berlebihan didasari oleh penggunaan ponsel untuk aktivitas tertentu. Berikut ini beberapa pemicunya.

  • Penggunaan Ponsel Selama Pengisian Daya: Kesalahan terbesar yang membuat iPhone menjadi lebih pans adalah menggunakan ponsel saat dayanya sedang diisi. Tindakan ini akan membuat battery health cepat berkurang dan mengalami kerusakan.

  • Suhu Sekitar yang Tinggi: Penyebab berikutnya mungkin bukan karena Anda, tetapi karena suhu tempat Anda berada. Ketika Anda menggunakan iPhone di bawah sinar matahari yang terik, perangkat bisa mengalami overheat.

  • Baterai Sudah Usang: Jika Anda sudah diminta untuk mengganti baterai iPhone, hal ini menandakan bahwa baterai sudah usang atau rusak. Berkaitan dengan battery health rendah, kondisi ini bisa membuat baterai menjadi lebih sering mengalami overheat.

Mengatasi Overheat di iPhone

Overheat tidak bertahan selamanya dan bisa diturunkan kembali ke suhu normal. Untuk membuat suhu perangkat turun dengan cepat, Anda harus melepaskan casing terlebih dahulu, lalu kipaskan bagian belakang iPhone Anda.

Jangan mengipas iPhone-nya secara manual. Sebaiknya, Anda menaruh ponsel di dekat kipas apa pun atau membeli kipas khusus untuk mendinginkan perangkat. Biasanya, kipas khusus ini harus ditempelkan ke bagian belakang ponsel.

Jika Anda sedang mengisi daya ponselnya, hentikan terlebih dahulu dengan mencabut charger-nya. Tunggu beberapa menit, kemudian Anda bisa mengisi dayanya lagi. Jangan mainkan perangkat selama pengisian daya dilakukan.