APTDI dan Kominfo Resmi Berkolaborasi untuk Tumbuhkan Talenta Digital Tanah Air

JAKARTA - Asosiasi Pengembangan Talenta Digital Indonesia (APTDI), organisasi yang menaungi pertumbuhan talenta digital di Indonesia hari ini secara resmi mengumumkan kerjasama strategis mereka dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung dan menumbuhkan Talenta Digital di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini dan kedepannya menaikkan ekonomi dan standar kehidupan talenta Digital Indonesia.

"Kami berharap APTDI ini bisa menjadi wadah bagi para pelaku pengembangan talenta digital di Indonesia untuk saling berkolaborasi, menjadi sarana advokasi, berkontribusi pada transformasi digital, dan menjadi pendorong kolaborasi strategis dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya,” ucap Ketua Umum APTDI, Ronald Ishak pada Senin, 22 Juli.

Kementerian Kominfo yang diwakili Wamekominfo Nezar Patria menyambut positif kerja sama dengan APTDI ini. Karena menurutnya, pengembangan talenta digital di Tanah air masih menjadi masalah penting yang harus dihadapi bersam.

“Kehadiran APTDI sebagai asosiasi naungan bagi pelaku pengembangan kapasitas talenta digital di Indonesia ini kami harapkan mampu menjadi angin segar yang membantu mengkonsolidasi dan bersama menumbuhkan potensi pengembangan bakat digital di Indonesia,” ujar Nezar.

Adapun kerja sama ini secara garis besar akan berfokus pada 4 ruang kerja yaitu:

  • Transformasi Digital: APTDI bertekad untuk berkontribusi dalam transformasi digital dengan mengembangkan inisiatif yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan industri.
  • Konsolidasi Peserta: APTDI, sebagai asosiasi yang inklusif, menyambut semua pemangku kepentingan yang berkontribusi pada transformasi digital, termasuk Pengembang Talenta Digital, Pembuat Kebijakan, Komunitas, dan individu.
  • Kebijakan & Mediasi: APTDI bertujuan menjadi suara yang mewakili selama pembahasan kebijakan dan menjadi jembatan untuk mengkonsolidasikan berbagai isu.
  • Kemitraan Strategis: APTDI menyadari pentingnya membina hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan. yang optimal bagi transformasi digital.