Kominfo dan ITPLN Berkolaborasi Siapkan Talenta Digital Berdaya Saing Global
Sekjen Kominfo Mira Tayyiba (foto: dok. Humas Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (ITPLN), untuk mempersiapkan talenta Indonesia yang unggul dan kompeten di bidang digital, pada Rabu, 11 Oktober. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan komitmen kominfo untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, guna memenuhi kebutuhan Indonesia akan sembilan juta talenta digital.

"Ke depannya, mari kita bersama-sama memperkuat kolaborasi untuk menyukseskan program-program nasional di bidang komunikasi dan informatika, serta meningkatkan mutu pendidikan pengembangan sumberdaya manusia dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya dalam penandatanganan MoU antara Kementerian Kominfo dengan IT PLN, mengutip rilisnya. 

Mira berharap, melalui nota kesepahaman ini, kedua belah pihak dapat membekali talenta digital dengan keterampilan teknis dan nonteknis agar menjadi lebih cakap dan kompeten.

“Melalui penguatan aspek 4C, yaitu critical thinking, creativity, collaboration, serta communication diharapkan dapat mempersiapkan sumberdaya manusia dan talenta digital yang bisa mengelola dan memanfaatkan transformasi digital,” ujarnya.

Tidak lupa, Sekjen Kominfo itu juga memberikan apresiasi kepada semua pihak, terutama sivitas ITPLN yang mendukung upaya Kementerian Kominfo mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan. 

Menurutnya, Kementerian Kominfo melakukan percepatan transformasi digital dengan perluasan akses dan pembangunan infrastruktur digital serta aplikasi digital serta penyiapan sumberdaya manusia atau talenta digital. 

Sekjen Mira juga menjelaskan upaya Kementerian Kominfo menyusun dokumen Visi Indonesia Digital 2045, yang berisikan strategi-strategi untuk mendukung Indonesia menjadi tiga negara besar dunia.