Peran IDN Media Mengeksplorasi Potensi Ekonomi Kreator di Indonesia
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, industri kreator konten telah menjadi salah satu sektor yang paling dinamis dalam perekonomian global. Di Indonesia, ekonomi kreator memiliki potensi yang besar untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kreativitas masyarakat. Salah satu pihak yang telah mewadahi pertumbuhan ini adalah IDN Media, melalui unit bisnisnya yaitu Indonesia Creators Economy (ICE) dan MORF.

Indonesia Creators Economy (ICE) adalah platform milik IDN Media untuk membantu kreator konten lokal terhubung dengan brand dan berkolaborasi. Melalui ICE, para kreator dapat memasarkan dirinya kepada brand yang ingin berkolaborasi dengan mereka dalam berbagai project.

Dengan demikian, kreator bisa mendapatkan penghasilan dari kerja keras dan kreativitas mereka. Sehingga, dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi kreator melalui ICE memiliki dampak positif bagi masyarakat Indonesia khususnya para kreator.

Di dalam ekosistem IDN Media, terdapat satu unit bisnis lainnya yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreator di Indonesia, yaitu MORF. MORF adalah talent management platform yang didirikan oleh Deddy Corbuzier dan sejak September 2023 bergabung ke dalam ekosistem IDN Media.

MORF memegang peran penting dalam mencari bakat-bakat potensial di dunia konten kreatif, dan membimbing mereka menjadi profesional yang dapat berkolaborasi dengan merek-merek terkemuka. Talenta-talenta berbakat ini akan bergabung menjadi kreator konten eksklusif di bawah naungan MORF.

Madasakti Octobiyanto, Head of MORF, menekankan perbedaan MORF dengan ICE yang sama-sama bergerak di bidang ekonomi kreator.

"Jika ICE menghubungkan brand dengan kreator konten lokal untuk berkolaborasi, MORF mencari dan mengembangkan potensi kreator dengan mendukung proses penciptaan konten mereka dan menawarkan kesempatan-kesempatan baru yang bisa mereka eksplorasi sesuai bidang mereka," ungkap Mada, dikutip Jumat 29 September.

Dengan berbagai bimbingan dan pelatihan dari MORF, para kreator dapat mengasah kemampuan mereka dalam menciptakan konten yang lebih berkualitas, strategi pemasaran yang efektif, dan membangun personal branding yang kuat. MORF membuka peluang untuk kolaborasi yang lebih mendalam antara kreator dan brand, menciptakan sinergi yang saling menguntungkan.

ICE dan MORF menegaskan komitmen IDN Media dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreator di Indonesia. Dengan memberikan platform untuk memperluas akses terhadap ekonomi kreator melalui pemanfaatan teknologi, mencari talenta-talenta berbakat, serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme para kreator konten, IDN Media telah membuka jalan bagi para kreator untuk meraih kesuksesan dalam industri konten.

Melalui upaya ini, diharapkan akan lahir generasi kreator Indonesia yang berdaya saing global, menciptakan konten-konten yang menginspirasi, dan membawa kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.