Update Pencarian Kapal Material BTS BAKTI Kominfo: Tim SAR Berangkat ke Distrik Pulau Tiga

JAKARTA - Direktur Utama BLU BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar, mengatakan bahwa saat ini mereka terus melakukan pencarian terhadap kapal LCT Cita XX yang mengangkut material BTS BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Senin pagi tanggal 22 Juli 2024, Pukul 08.05 WIT, telah berangkat Tim SAR gabungan menuju perairan Distrik Pulau Tiga,” kata Fadhilah dalam pernyataan tertulisnya pada Senin, 22 Juli.

Adapun tim SAR gabungan tersebut terdiri dari unsur-unsur Angkatan Laut, Polairud, dan tim SAR daerah, menggunakan satu unit KRI dan satu helikopter. 

Fadhilah menambahkan, tim 1 berangkat dari Timika menggunakan Kapal Patkamla Yapero milik TNI AL melakukan penyisiran ke jalur tengah laut. Sedangkan Tim 2 berangkat dari Asmat menggunakan RIB Basarnas direncanakan akan melakukan penyisiran ke daerah perairan dangkal.

“BAKTI Kominfo terus memantau perkembangan informasi dan melakukan semua upaya yang memungkinkan untuk mendukung pencarian. Informasi terbaru akan kami update pada kesempatan pertama,” pungkasnya.

Kapal LCT Cita XX yang membawa 12 orang, serta material BTS, tower, power, dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, telah hilang kontak sejak 17 Juli.

Fadhilah juga menuturkan bahwa Kapal Cita XX telah berangkat dari Timika pada Senin, 15 Juli pukul 05.43 WITA dan dijadwalkan tiba di Yahukimo pada Kamis, 18 Juli 2024.

Namun, pada Jumat, 19 Juli 2024, Penanggung Jawab Kapal Cita XX, Mufli, melapor ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Timika bahwa kapal tersebut belum tiba di Pelabuhan Yahukimo.