Honda Perkenalkan Mobil Listrik e:N1, Bakal Meluncur di Indonesia Tahun 2025

TANGERANG - Dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan model e:N1. 

Dikonfirmasi perusahaan, mobil ini dipilih sebagai mobil listrik pertama Honda di Indonesia setelah melalui beragam riset mendalam.

Hal lebih menarik lainnya adalah HPM akan meluncurkan model ini pada tahun 2025 mendatang di tanah air. Ini sejalan dengan visi brand yang sedang dalam masa peralihan elektrifikasi.

Sales & Marketing and Aftersales Director PT HPM Yusak Billy, mengatakan bahwa mobil listrik Honda memiliki nilai tambah karena dirancang di atas pengalaman pengembangan beragam teknologi yang dilakukan selama bertahun-tahun.

“Kami juga melakukan studi mendalam mengenai kebutuhan dan penggunaan mobil listrik di Indonesia sehingga menawarkan sebuah model yang benar-benar sesuai untuk konsumen di Indonesia,” kata Billy dalam pemaparannya di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 18 Juli.

Selain menjadi yang pertama di Indonesia, kembaran model HR-V ini juga merupakan mobil listrik (EV) berwujud SUV pertama Honda di dunia.

Pabrikan menilai bahwa Honda e:N1 sangat cocok untuk berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai medan yang beragam. Meskipun memiliki bahasa desain yang sama seperti HR-V, e:N1 memiliki profil lebih futuristis dengan grill tertutup menghiasi bagian depan.

Honda mengeklaim bahwa e:N1 memiliki jarak tempuh hingga 500 km dalam sekali pengisian daya yang berasal dari baterai 68,8 kWh. Mobil ini memiliki kemampuan fast-charging hingga 50 menit untuk diisi ke 80 persen.

Unsur futuristis tidak hanya ditampilkan di luar dan teknologi, melainkan juga interiornya yang memiliki display audio 15,1 inci serta dilengkapi dengan 10,25 inci TFT meter di bagian dasbor sisi pengemudi.

Honda e:N1 bukanlah barang baru di pasar Asia Tenggara. Sebelumnya, model ini telah diproduksi akhir tahun lalu di Thailand awal tahun 2024.

HR-V versi listrik ini juga telah ada di pasar Eropa pada pertengahan tahun 2023 lalu dengan nama e:Ny1 dengan spesifikasi dan desain serupa seperti pasar Asia Tenggara.