Southgate Rekrut Agen dari Teman Dekat Ratcliffe, Upaya Berlabuh ke Manchester United?

JAKARTA - Gareth Southgate merekrut agen anyar setelah mundur dari kursi Manajer Inggris. Jimmy Worrall resmi menjadi agen pelatih 53 tahun itu.

SunSport menyebut bahwa Worrall merupakan teman dekat Sir Jim Ratcliffe, pemegang saham minoritas Manchester United.

Selain memegang jabatan sebagai agen Southgate, Jimmy Worrall saat ini juga bekerja sebagai konsultan di perusahaan Ratcliffe, INEOS.

Worrall adalah pendiri dan ketua perusahaan konferensi Leaders in Sport, yang menyelenggarakan acara networking di seluruh dunia.

Pengusaha kelahiran Liverpool ini juga seorang konsultan dan pernah bekerja sebagai penasihat di beberapa organisasi terkemuka, termasuk INEOS dan Asosiasi Klub Eropa.

Worrall juga dekat dengan Direktur Olahraga INEOS, Sir Dave Brailsford. Dia juga yang merekomendasikan penunjukan Dan Ashworth kepada Ratcliffe.

Southgate telah mengenal Worrall selama bertahun-tahun. Worrall juga yang terlibat diskusi dengan FA selama beberapa hari terakhir yang berujung pada pengumuman kepergian Southgate.

Kemitraan Worrall dan Southgate menimbulkan pertanyaan terkait karier selanjutnya sang manajer.

Soalnya, sempat santer terdengar awal tahun ini Manchester United menghubungi Southgate untuk menggantikan Erik ten Hag.

Saat itu, Southgate masih belum memberi keputusan karena masih terikat kontrak dengan Federasi Sepak Bola Inggis (FA).

Mempekerjakan Worrall sebagai agen penuh waktu pun membuat isu Southgate akan berlabuh ke Old Trafford kembali mencuat.

Meski Ten Hag sudah memperpanjang kontrak bersama The Red Devils hingga 2026, tak menutup kemungkinan Ratcliffe berubah pikiran seiring kepergian Southgate dari Timnas Inggris.

Sebelumnya, Ratcliffe juga kedapatan bernegosiasi dengan Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino, dan Roberto De Zerbi sebagai calon pelatih Manchester United walau sudah tahu Ten Hag memperpanjang kontrak.

Paling tidak, usaha yang dilakukan Ratcliffe untuk memberikan tekanan kepada Ten Hag pada musim baru 2024/2025. Andai pelatih asal Belanda itu membuat awal musim yang buruk, pintu keluar langsung dibuka lebar.

Terlepas dari itu, Southgate berpisah dengan agen sebelumnya Terry Byrne menyusul kesepakatan properti yang ceroboh.

Hal tersebut membuat sang agen berhutang kepada Southgate dan klien lain, termasuk Joe Cole, ratusan ribu pound dalam biaya komersial yang belum dibayar.

Byrne, yang sebelumnya mewakili bintang-bintang sepak bola, termasuk David Beckham dan Pele, meminjam 21 juta pound melalui perusahaannya, Round World Group, untuk membeli gedung enam lantai di dekat Oxford Circus London tahun lalu.

Namun, pinjaman yang telah dia atur untuk membayar pembelian dari fund manager Amerika Serikat, Highams Saaz, gagal terwujud yang memicu krisis keuangan.

Byrne menggunakan uang utangnya kepada Southgate dan klien lain untuk membantu melunasi sebagian utangnya dan tidak mampu membayarnya kembali.

Gedung Oxford Circus telah disita oleh kurator. Lalu, perusahaan lain di mana Byrne menjadi direkturnya, Round World Real Estate, juga telah disita.