TikTok Akan Gelar Kompetisi 'Gimme The Mic' di Fitur Live

JAKARTA – Selain menjadi platform hiburan, TikTok berusaha menjadi ruang kreatif bagi kreator musik di seluruh dunia. Harapannya, platform ini bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan bakat.

Untuk mendukung harapan tersebut, TikTok kembali menggelar kompetisi Gimme The Mic dengan tajuk Where LIVE Stars are Born. Ajang pencarian bakat berskala nasional ini akan digelar secara virtual melalui fitur live streaming atau siaran langsung.

Dengan menggelar kompetisi ini, TikTok ingin mencari bintang baru di industri musik. Gimme The Mic akan memberikan peluang bagi para kreator musik yang ingin memulai karier sebagai musisi profesional.

Agna Pradisti Putri selaku Content, Event, Partnership and Product Operation Lead, TikTok LIVE Indonesia mengatakan bahwa kompetisi ini dibuat karena kreator musik sering memanfaatkan fitur siaran langsung untuk berinteraksi dengan penonton secara real-time.

"Melihat besarnya potensi yang dimiliki para kreator ini, kami kembali menghadirkan kompetisi 'Gimme The Mic' untuk membukakan jalan bagi para kreator musik dan masyarakat agar bisa berkarier secara profesional di industri musik," ujar Agna.

Agna menjelaskan bahwa kompetisi ini akan berlangsung selama hampir dua bulan, mulai 15 Juli hingga 22 September. Gimme The Mic akan dibagi ke tiga babak, yaitu registration, semi final, dan grand final. Babak terakhir akan menggunakan fitur multi-guest.

Enam finalis yang berhasil lolos akan menerima pelatihan secara intensif untuk menunjukkan bakat mereka di konser Gimme The Mic 2024 yang akan diadakan pada 22 September. Empat pemenang yang terpilih akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Selain itu, keempat pemenang ini akan mewakili Indonesia di kompetisi global Gimme The Mic dan akan bersaing dengan lebih dari 30 negara lainnya. Selama kompetisi berlangsung, Budi Doremi, Raisa, dan Eka Gustiwana akan hadir sebagai juri.

Seluruh pengguna TikTok bisa mengikuti proses audisi Gimme The Mic 2024 selama berusia di atas 18 tahun. Pengguna hanya perlu mengunggah video menyanyi di TikTok dengan durasi minimal 30 detik dan menyertakan tagar #GimmeTheMic serta #GimmeTheMic_Indonesia.